ANALISIS EKSPEKTASI PELANGGAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI BERAS LOKAL PADA TOKO BERAS FAMILY
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui ekspektasi pelanggan dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen membeli beras lokal pada Toko Beras Family Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 65,0% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara factor ekspektasi pelanggan dan kualitas produk, dengan loyaitas konsumen . Semakin tingginya nilai yang diperoleh maka semakin erat pula hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, artinya semakin erat pula hubungan antara ekspektasi pelanggan dan kualitas produk memiliki hubungan yang erat dengan loyalitas konsumen dengan nilai sebesar 65,0% dalam katagori hubungan yang kuat. Sedangkan nilai koefisien diterminasi sebesar 42,3% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara faktor ekspektasi pelanggan dan kualitas produk dengan loyalitas konsumen. Pengaruh ekspektasi pelanggan dan kualitas produk sebesar 42,3% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap loyalitas konsumen, sedangkan selebihnya 57,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini. Uji F diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel. Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho.
Kata kunci: Ekspektasi pelanggan, kualitas produk dan Loyalitas konsumen
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.
Candra, Sudaryanto, (2017).Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kinerja perusahaan terhadap kepuasan pelanggan, Jurnal: Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Dhea, Althazia, (2022). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap loyalitas konsumen pada Produk You Transmart Padang. Jurnal: Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.
Evetri Juliana Tamba, Husni Mubarak, Abdul Azis, (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Shine Holiday PT. Sinar, Jurnal: Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
Hatane Samuel (2019). Ekspektasi Pelnggan dan Aplikasi Bauran Pemasaran terhadap Lloyalitas Toko Modern dengan Kepuasan Pelanggan sebagai intervening. Jurnal: Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Nurfajriani (2020). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan (Harapan Pelanggan) dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Internet (Studi kasus pada pelanggan internet PT. Telkom Cabang Bima, Jurnal: Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima.
Nurhidayati, Ridha Maisaroh1, Maulida, (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi Loyalitas Konsumen Toko Stars Madiun. Jurnal: Manajemen, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Nur Widianti, Aini Kusniawati, Mujaddid Faruk. (2020). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan dan Bauran Promosi terhadap Loyalitas Konsumen. (Suatu Studi pada Konsumen Telkomsel di Desa Sukahurip - Ciamis), Jurnal: Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Galuh
Marshelly Candra Kumala, (2019). Pengaruh harga dan Kualitas produk terhadap Loayalitas Pelanggan Aluminium, Jurnal: Manajemen, Program Studi Manajemen Unkris.
Maudrey Pandu, (2018). Faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan rumah makan, Jurnal: Manajemen, USU Medan.
Muhajirin, islahulkhair (2022). Pengaruh Ekspektasi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Pelanggan Internet PT. Telkom Cabang Bima). Jurnal: Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, Indonesia.
Safitri, (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen pada alfamart, Jurnal: Manajemen, STIE Banjaran Kabupaten Majalengka.
Sherly, Hesti Herawati, (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi Loyalitas Konsumen pada Bisnis E-comerce. Jurnal: Manajemen, STIE Malangkucecwara, Kalasan Malang.
Sujana, dan Maudrey Pandu, (2018) Pengaruh Ekspektasi Konsumen, Nilai Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen, Jurnal: Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KesatuanBogor, Indonesia.
Sri, Vanesa. (2018). Pengaruh Nilai Konsumen dan Persepsi Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal: Manajemen, STIE Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.47647/jeko.v4i2.2217
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |