PENGARUH APLIKASI POC TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH PADA PEMOTONGAN KE DUA

Khalidin Sri Rahayu

Abstrak


Untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi rumput gajah akibat aplikasi POC dilakukan suatu penelitian dengan menggunakan Metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari empat perlakuan dengan enam ulangan. Masing-masing perlakuan adalah P0 (0 ml POC/ltr air sebagai kontrol), P1 (3 ml POC/ltr air), P2 (5 ml POC/ltr air) dan P3 (7 ml POC/ltr air). Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah anakan, diameter batang dan produksi. Penggunaan POC dengan dosis yang berbeda berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi rumput gajah, rumput gajah tertinggi dosis 7 ml/lt. Jumlah anakan tidak dipengaruhi akibat dari aplikasi dosis POC. Lingkar batang akibat perlakuan dosis POC memperlihatkan adanya pengaruh yang nyata pada umur 20 HSPP dan pada umur 35 HSPP serta 50 HSPP berpengaruh sangat nyata. Lingkar batang terbaik dijumpai pada perlakuan dosis POC 7 ml/lt. Produksi rumput gajah pengaruh yang sangat nyata akibat dosis POC, produksi tertinggi dijumpai pada perlakuan dodis POC 7 ml/lt.

Kata kunci: POC, rumput gajah, pertumbuhan dan produksi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adijaya, N., I.M. Rai Yasa dan S. Guntoro. 2007. Pemanfaatan Bio Urine dalam Produksi Hijauan Pakan Ternak Rumput Gajah. Prosiding Seminar Nasional Percepatan Transformasi Teknologi Pertanian untuk Mendukung Pembangunan Wilayah. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali.

Akram, H. M., A. Ali, A. Sattar, H.S.U. Rehman, and A. Bibi. 2013. Impact of Water Deficit Stress on Variousphysiological and Agronomic Traits of Three Basmatirice Ioryza sativa L. ) Cultivar. The Journal Animal and Sciences 23(5):1415-1423.

Djaenudin, D., Marwan, H., Subagjo, H., dan A. Hidayat. 2011. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Bogor. 36p.

Farooq, M., A. Wahid, N. Kobayashi, D. Fujita, and S. M. A. Basra. 2009. Plant Drought Stress: Effect, Mechanismand Management. Agron. Sustain. Dev. 29:185-212.

Fischer, K.S. dan Fukai, S. 2003. How rice responds to drought. Cit. Fischer, K.S., Lattife, R., Fukai, S., Atlin, G., and Hardy, B. Breeding Rice for Drought Prone Enviroments. International Rice Research Institute, Los Banõs, Philippines.

Hanafiah. 2005. Biologi Tanah, Ekologi dan Morfologi Tanah. Raja grafindo Persada. Jakarta.

Hartadi, H., S. Reksohadiprodjo dan A.D. Tillman. 1986. Tabel Komposisi Pakan untuk Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hidayati, N., R. L. Hendrati., A. Triani, dan Sudjino. 2017. Pengaruh Kekeringan terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Nyamplung (Callophylum inophyllum L.) dan Johar (Cassia florida Vahl.) dari Provenan yang Berbeda.

Khalidin. 2017. Pengaruh Aplikasi POC terhadap Pertumbuhan dan Produksi Rumput Gajah pada Pemotongan Pertama. Jurnal Agro Ristek Volume I - Nomor 1, April 2018.

Reksohadiprodjo (1994). Produksi Hijauan Makanan Ternak Tropik. BPFE Universitas Gajah Mada . Yogyakarta.

Sirait, J., N. D. Purwantari dan K. Simanihuruk. 2005. Produksi dan Serapan Nitrogen Rumput pada Naungan dan Pemupukan yang Berbeda. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner, 10 (3) : 175 - 181.




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v2i1.92

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :



Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.