KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KEMUKIMAN BAMBI DALAM MENGOLAH TANAMAN BINAHONG (Anrederaordifolia)SEBAGAI TANAMAN OBAT

Ervina Dewi Rahmi Agustina

Abstrak


Pemanfaatan tanaman binahong (Anredera cordifolia) sebagai tanaman obat tradisional oleh masyarakat di Kemukiman Bambi Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang harus dipertahankan. Informasi ini guna memperkaya data bioekologi sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengelolaan dan pengolahan tanaman Binahong berbasis kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kearifan lokal masyarakat di Kemukiman Bambi Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie dalam mengolah tanaman binahong sebagai obat tradisional. Metode yang digunakan adalah wawancara secara mendalam dan pengamatan langsung di 3 (tiga) desa yaitu Blang Raya, Lueng Mesjid, dan Dayah Teungku Kemukiman Bambi Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi kearifan lokal masyarakat dalam menyiapkan obat tradisional. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa masyarakat yang menjadi responden dalam penelitian ini memiliki kearifan lokal yang sudah turun menurun dibudayakan terutama dalam mempreparasi obat-obat tradisional khususnya berbahan dasar Binahong.Metode preparasi yang paling banyak digunakan adalah metode rebus dengan alasan mudah untuk dikerjakan dan banyak kandungan zat dalam tanaman Binahong yang terlarut akibat perebusan.

Kata Kunci: Tanaman Binahong (Anredera cordifolia), Kearifan Lokal, Metode Preparasi obat Tradisional


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, A.F. 2012.Analisis Penggunaan Jamu Untuk Pengobatan Pada Pasien Di Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Tawangmangu. Depok: Universitas Indonesia.

Amita,K., Ummu Balqis dan Cut Dahlia Iskandar.2017. Gambaran Histopatologi Penyembuhan Luka Sayat pada Mencit(Mus musculus) Menggunakan Ekstrak Daun Binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steenis). JIMVET. 01(3): 584-591.

Angraini, D. I. dan M. Mufti Ali, 2017. Uji Aktivitas Antikolesterol Ekstrak Etanol DaunBinahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis) Secara In Vitro. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(1).

Anwar, T.M dan T. U. Soleha. 2016. Manfaat Daun Binahong(Anredera cordifolia) sebagai Terapi Acne Vulgaris. MAJORITY I Volume 5 (5)

Astuti, S.M. 2012. Skrining Fitokimia dan Uji Aktifitas Antibiotika Ekstrak Etanol Daun, Batang, Bunga dan Umbi Tanaman Binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis).Artikel Ilmiah. Fakulti Kejuteraan Kimia dan Sumber Asli (Bioproses).Universiti Malaysia Pahang. Malaysia.

Fitriyah, N., M. Purwa K., M. Aï¬ f Alï¬ yanto, Mulyadi, Nila Wahuningsih dan Joko Kismanto. 2013. Obat Herbal Antibakteri Tanaman Binahong.Jurnal KesMaDaSka.

Kinho J, Arini DID, Tabba S, Kama H, Kafiar Y, Shabri S, Karundeng MC. 2011. Tumbuhan obat tradisional di Sulawesi Utara.Jilid 1. Manado. Balai Penelitian Kehutanan Manado Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kementerian Kehutanan.

Manoi, F. 2009. Binahong (Anredera cordifolia) SebagaiObat.Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri. 15(1):3-4.

Partasasmita R, Iskandar J. Malone N. 2015. Karangwangi people’s (South Cianjur, West Java, Indonesia) local knowledge of species, forest utilization and wildlife conservation.Biodiversitas 17: 154-161.

Pical JM. 2013. Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Kampung Isenebuai Distrik Rumberpon Kabupaten Teluk Wondama. [Skripsi]. Jurusan Kehutanan Fakultas Kehutanan Universitas Negeri Papua, Manokwari.

Sari, A., Riza Linda, dan Irwan Lovadi. 2015. Pemanfaatan Tumbuhan Obat Pada Masyarakat Suku Dayak Jangkang Tanjung Di Desa Ribau Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Protobiont Vol. 4 (2) : 1-8

Setiawati, A. (2016). "The inhibition of Typhonium flagelliforme Lodd.Blume leaf extract on COX-2 expression of WiDr colon cancer cells" 6, 3, February Elsevier Asian Pasific Journal of Tropical Biomedicine.

Syah, J, Usman FH, & Yusro, F,. 2014. Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Yang Dimanfaatkan Masyarakat Dusun Nekbare Desa Babane Kecamatan Samalantan Kabupaten Bengkayang. Jurnal Hutan Lestari.Vol. 2, no. 3 : 419-426.

Voight, R,. 1994.Buku Pelajaran Teknologi Farmasi. Edisi Kelima.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wibowo, Agus&Gunawan.2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah.Yogyakarta: PenerbitPustakaBelajar.




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v2i1.90

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.