ANALISIS PEMASARAN AYAM POTONG DI LAWEUENG KECAMATAN MUARA TIGA KABUPATEN PIDIE

Hamdani Hamdani, Safrika Safrika

Abstrak


Pemasaran merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari seluruh kegiatan usaha, begitu pula halnya dengan usaha peternakan ayam broiler. Pemasaran ayam broiler termasuk kedalam subsistem agrobisnis hilir, kegiatan ini dapat membantu peternak dalam menyalurkan produk hasil ternaknya agar sampai kepada konsumen. Untuk mengetahui tingkat skala usaha yang dapat memberikan pendapatan dan keuntungan maksimal pada pelaku kegiatan usaha ternak diperlukan suatu penelitian atau kaji widya yang memungkinkan dapat mengungkapkan besarnya pendapatan dan keuntungan serta efisiensi pemasaran usaha ternak ayam broiler sebagai ternak potong yang dilakukan pada skala kecil oleh masyarakat di  Laweueng Kabupaten Pidie. Permasalahan dalam penelitian ini adalah berapakah pendapatan yang diperoleh petani ayam potong di Laweuen dan apakah pemasaran ayam potong di Laweueng sudah efisien. Adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pendapatan yang diperoleh petani ayam potong di Laweueng Kecamatan Muara Tiga dan untuk mengetahui pemasaran ayam potong di Laweueng Kecamatan MuaraTiga apakah sudah efisien. penelitian ini menggunakan analisis Analisis Tingkat Pendapatan Usaha Ternak, Analisis ini bertujuan untuk melihat tingkat pendapatan pada setiap sekat-sekat volume kegiatan yang diusahakan dan membandingkan pendapatan masing-masing usaha. Analisis Efisiensi Usaha (EFU), Analisis EFU diguanakan untuk menghitung sejauh mana tingkat efisiensi yang dicapai pada tiap-tiap tingkatan volume usaha ternak ayam broiler sebagai ternak potong.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan yang di peroleh dari usaha ayam potong di daerah penelitian adalah sebesar Rp. 38.938.444/periode. Dengan nilai R/C diperoleh 1,48 artinya lebih besar dari pada 1 berarti usaha ayam potong di Kecamatan Muara Tiga layak untuk dijalankan. Pemasaran ayam potong di Laweueng Kecamatan Muara Tiga sudah efisien. saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini diharapkan kepada produsen dapat menjaga usahanya sebagai pendapatan bagi keluarga karena memberikan pendapatan yang layak untuk keluarganya. Yang harus diperhatikan dalam usaha ternak ayam potong adalah tingkat kesehatan ayam, kebersihan kandang, dan lain sebagainya supaya pendapatan tetap stabil jika tidak terjadi kematian yang sangat besar. Dan diharapkan ada yang melanjutkan penelitian ini supaya sempurna.

Kata kunci: Pendapatan, Efisiensi Usaha dan Pemasaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonymous, 1985, Tataniaga Hasil Pertanian. LP3ES. Jakarta.

Alfarisi, D.A. 2009. Analisa Struktur dan Kinerja Industri Pulp dan Kertas Indonesia. Jurnal Persaingan Usaha, 1 : 66-68.

Achmad Gusasi, 2006. Analisis Pendapatan dan efisiensi Usaha Ternak Ayam Potong Pada Skala Usaha Kecil. Jurnal Agrobisnis, Juni 2006, Vol 2 No.1.

Cahyono, B. 1995. Cara Meningkatkan Budi daya Ayam Ras Pedaging (Broiler). Nusatama Yogyakarta. Yogyakarta.

Downey dan Erickson, 1989. Agribusiness Management, Alih Bahasa; Rochidayat Ganda dan Alfonsus Sirait, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Gitosudarmo, H, I. 1994. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v4i1.409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.