PENGARUH APLIKASI POC TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH PADA PEMOTONGAN PERTAMA

Khalidin, Khalidin

Abstrak


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi rumput gajah akibat aplikasi POC. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari empat perlakuan dengan enam ulangan. Masing-masing perlakuan adalah P0 (0 ml POC/ltr air sebagai kontrol), P1 (3 ml POC/ltr air), P2 (5 ml POC/ltr air) dan P3 (7 ml POC/ltr air). Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah anakan , lingkar batang dan produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi, lingkar batang dan produksi rumput gajah sangat nyata dipengaruhi oleh dosis POC yang diaplikasikan yaitu hasil yang tertinggi terdapat pada perlakuan dengan dosis POC 7 ml/liter air. Parameter jumlah anakan rumput gajah berpengaruh nyata akibat  dosis POC yang diaplikasikan dimana jumlah anakan terbanyak terdapat pada perlakuan dengan dosis 5 ml/liter air.

Kata kunci: POC, rumput gajah, pertumbuhan dan produksi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hartadi, H., S. Reksohadiprodjo dan A.D. Tillman. 1986. Tabel Komposisi Pakan untuk Indonesia. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Kartini. 2000. Pertanian Organik sebagai Pertanian Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian dalam Upaya Mendukung Ketahanan Pangan Nasional. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Universitas Udayana. Denpasar.

Khalidin, Tuti A. dan Fikrinda (2012). Pengaruh FMA dan Pupuk Kandang terhadap Produksi dan Kualitas Rumput Gajah (Pennisetum purpereum Schum). Jurnal Manajemen Sumberdaya Lahan. 1(2):180-184. Prodi. Magister Sumberdaya Lahan (KSDL) Unsyiah dan Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI). Komda Aceh.

Lakitan, B. 1996. Fisiologi Pertumbuhandan Perkembangan Tanaman. Cetakan I. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muhakka., A. Napoleon dan P. Rosa. 2012. Pengaruh Pemberian Pupuk Cair Terhadap Produksi Rumput Gajah Taiwan (Pennisetum Purpureum Schumach). Jurnal Peternakan Sriwijaya (JPS). 1(1): 48-54.

Pipit P., Darwin P., Muhammad S.H., dan. Yohannes C.G. (2013). Pengaruh Frekuensi Penyemprotan dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair pada Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) Jurnal Agrotek Tropika. 1(3): 264-268.

Reksohadiprodjo (1994). Produksi Hijauan Makanan Ternak Tropik. BPFE Universitas Gajah Mada . Yogyakarta.

Rizqiani, N.F., E. Ambarwati, dan N.W. Yuwono (2007). Pengaruh Dosis dan Frekuensi Pemberian Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Dataran Rendah. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan. 7(1):43-53.

Sajimin, I. P. Kompiang, Supriyati dan N. P. Suratmini. 2001. Penggunaan Biofertilizer untuk Penigkatan Produktifitas Hijauan Pakan Rumput Gajah (Pennisetum purpureum cv Afrika) pada Lahan Marjinal di Subang Jawa Barat. Media Peternakan. 24 (2) : 46 - 50.

Suwandi dan N, Nurtika. 1997. Pengaruh Pupuk Cair Biokimia “Sari Humus” pada Tanaman Kubis. Buletin Penelitian Hortikultura 15(20): 213-218.

Puspadewi, S., W. Sutari dan Kusumiyati 2016. Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair (POC) dan Dosis Pupuk N, P, K terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zeamays L. var Rugosa Bonaf) kultivar Talenta. Jurnal Kultivasi. 15(3): 208-216




DOI: https://doi.org/10.47647/jar.v1i1.188

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-417X , e2721-0782


Indexed By :




Creative Commons License

Jurnal Agroristek Jabal Ghafur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.