ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI DAGING UNGGAS DI PASAR TRADISIONAL KECAMATAN INDRAJAYA

Nadia Munawarah, Khairul Murdani, M Jakfar

Abstrak


Daging unggas banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena memiliki rasa yang enak dan kandungan zat gizi yang tinggi. Daging unggas yang banyak dikonsumsi diantaranya adalah daging ayam ras pedaging (broiler), daging ayam kampung (buras), dan daging ayam petelur (layer). Lemak pada daging ayam terletak di bawah kulit dan berwarna kekuning-kuningan. Kualitas daging dapat didasarkan pada komposisi kimia (kadar air, kadarprotein, kadar lemak, dan mineral) dan fisiknya (pH, WHC, susut masak, dan warna). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan preferensi konsumen dan keputusan pembelian daging unggas di pasar tradisional Kecamatan Indrajaya, serta menganalisis pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian, dengan mempertimbangkan faktor harga, kualitas, asal produk, perilaku konsumen, dan demografi seperti usia, jenis kelamin, dan pendapatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024 di Pasar Tradisional Kecamatan Indrajaya. Metode penelitian menggunakan metode survei. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 60 konsumen sebagai responden dengan metode random sampling. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu menerapkan kriteria khusus untuk menetapkan responden. Metode pengumpulan data dengan wawancara kepada responden, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi spearman, analisis regresi linear berganda, dan koefisien korelasi rank spearman.Yang diteliti meliputi preferensi jenis daging unggas ( ayam broiler, ayam petelur, dan bebek), hubungan karakteristik dengan tingkat preferensi konsumen. Hasil analisis  menggambarkan karakteristik konsumen sebagian besar berjenis kelamin perempuan, berusia 26 – 60 tahun, berpendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA), bekerja sebagai ibu rumah tangga dan memiliki pendapatan keluarga RP. 300.000 s/d 1.500.000 per bulan. Hasil analisis korelasi spearman dan nilai koefisien korelasi rank menunjukkan hubungan karakteristik responden berdasarkan umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan jumlah keluarga terhadap konsumsi daging unggas di pasar tradisional kecamatan Indrajaya sangat rendah. Hasil analisis regresi linear berganda Jika variabel pendapatan, harga daging  unggas, dan jumlah anggota keluarga tidak dimasukkan dalam penelitian maka  tingkat konsumsi daging unggas meningkat. Peningkatan konsumsi daging unggas karena meningkatnya daya beli yang membuat produk tersebut lebih terjangkau.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyanti, Susman, Lia. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Pasar Tradisional Studi Pasar Bandar Sari Kecamatanpadang Ratu.. Undergraduate thesis: IAIN Metro.

Amri, Ulil. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Kampung Di Pasar Tradisional KecamatanKampa. Pekanbaru: @repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada tanggal 5 Februari 2024

https://repository.uinsuska.ac.id/24490/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf

Direktorat Statistik Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan. (2022). Peternakan dalam angka 2022. Direktorat Statistik Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan : @Badan Pusat Statistik.

Fitriyah, Anisaul. (). Daging Dan Unggas. : @academia.edu. https://www.academia.edu/15471700/DAGING_DAN_UNGGAS. Di akses pada 5 Februari.

Fakhrana Nurdini Cantika1,, E. Prasetyo1, dan A. Setiadi1. (2021). ANALISIS Preferensi Konsumen Terhadap Produk Daging Sapi Di Pasar Tradisional Kota Semarang. Semarang: UNDIP Institutional Repository.

Hardiani, Andi Nur Ilmi, Musdalipa Mahmud, A Susilawaty.(2022). Karakterisasi pasar modern dan pasar tradisional. Makassar: @ASEJounal.https://asejournal.fapertauim.ac.id/index.php/ASEJournal/rticle/view/24. Di akses pada 1 Februari 2024.Usaha, Tugu Aneka. (2021). Kandungan Gizi Ayam Kampung Dan Ayam Broiler. Malang:@perumdatunas https://www.perumdatunas.com/detailArtikel/51. Di akses pada tanggal 15 februari 2024.

Jaya, universitas Atma. (). BAB 2 Tinjauan Tentang Pasar . Yogyakarta: @e-jounal.uajy.ac.id.http://e-journal.uajy.ac.id/6592/3/MTA201866.pdf. Di akses pada 1 Februari 2024.

Murtiana,. (2017). Koefisien Korelasi Rank Spearman. : SCRIBD https://www.scribd.com/document/363445503/Koefisien-Korelasi-Rank-Spearman. Di akses pada 1 maret 2024

Pangestu, Panggih. (2017). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Halalan Thayyiban Universitas Brawijaya Malang Malang: Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Pidie, BPS Kabupaten. (2023). Kecamaran Mutiara Dalam Angka 23. BPS Kabupaten Pidie: @BPS Kabupaten Pidie.

Pidie, BPS Kabupaten. (2023). Kecamatan Indrajaya Dalam Angka 23. BPS Kabupaten Pidie: @BPS Kabupaten Pidie.




DOI: https://doi.org/10.47647/agrodiversity.v3i1.2691

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

desain-mirzaj desain-mirzaj desain-mirzaj 

 
Tools:

desain-mirzaj  desain-mirzaj desain-mirzaj 

All papers published in Universitas Jabal Ghafur are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

Jurnal Agrodiversity
eISSN 3026-0353, SK Nomor 30260353/II.7.4/SK.ISSN/10/2023
Dipublikasikan oleh: Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur
Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh
Phone: +62 823-5917-2184
Email: fp@unigha.ac.id atau karnilawati@unigha.ac.id