TINGKAT PENGUASAAN TATA BAHASA BAKU OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMP KABUPATEN PIDIE JAYA

Hayatun Rahmi, Nofiana, S Nofiana, S

Abstract


Penelitian ini berjudul “Tingkat Penguasaan Tata Bahasa Baku oleh Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Pidie Jaya”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Tingkat Penguasaan Tata Bahasa Baku oleh Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Pidie Jaya?” Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tingkat  Penguasaan  Tata  Bahasa  Baku oleh Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman dan pendalaman materi penguasaan tata bahasa baku pada masyarakat indonesia khususnya guru bahasa indonesia tingkat SMP di kabupaten Pidie Jaya.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru bahasa Indonesia SMP yang ada di Kabupaten Pidie Jaya yang berjumlah 92 guru. Sampel penelitian berjumlah 12 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Sedangkan tehnik analisis data dilakukan dengan cara mencari persentase(%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa tingkat penguasaan TBBBI dalam tata bunyi mencapai 66%, tingkat penguasaan TBBBI dalam kata mencapai 70%, tingkat penguasaan TBBBI dalam kalimat mencapai 70%, dan tingkat penguasaan TBBBI dalam tata baku mencapai 66%. 

Kata Kunci: Tata Bahasa Baku, Guru bahasa Indonesia kabupaten Pidie Jaya


References


Alwi, Hasan. 2001. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: BR.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education.

Collins, Gary R. 2005. Menerka Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.

Isa Cahyani. 2013. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Chaer, Abdul. 1995. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2007. Pedoman Pengembangan Bidang Bahasa dan Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Finoza, Lamudin. 2011. Korespondensi Bahasa Indonesia (Surat Dinas Pemerintah & Surat Bisnis). Surabaya: STMIK STIKOM Surabaya.

Kosasih dan Hermawan. 2012. Intisari Bahasa Indonesia untuk SMP. Bandung: Pustaka Setia.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyono. 2011. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Parera, J. D. 2009. Dasar-dasar Analisis Sintaksis. Jakarta: Erlangga.

Rahardi, Kujana. 2007. Pragmatik: Kesantunan imperatif bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ramlan. 2001. Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

Supriyadi. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia2. Jakarta: Kemendikbud.

Suyanto. 2011. Analisis Regresi untuk Uji Hipotesis,Yogyakarta. Caps.

Suwarna, Pringgawidagda. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Bandung: Adicita.

Wardiyah, E. 2008. 2008. EYD dan Seputar kebahasaan-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.

Widjono Hs. 2005. Bahasa Indonesia Mata KuliahPengembangkan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Verhaar. 2001. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGMWidi, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.