PENGARUH KREATIVITAS GURU EKONOMI DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MILA KABUPATEN PIDIE

Zakaria H. M. Yusuf, Eka Agustina, Fitri Nasaumi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kreativitas Guru Ekonomi dalam Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru ekonomi dalam penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negei 1 Mila Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie yaitu sebanyak 159 siswa.  Sampel diambil secara purpossive yaitu siswa kelas XI IPS sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan software SPSS 20.0. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan metode persamaan regresi linier sebagai berikut: Y=a+ bX.  Hipotesis penelitian adalah kreativitas guru ekonomi dalam penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil analisis data diperoleh model persamaan regresi sebagai berikut: Y = 65,939 + 0,370X. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru ekonomi dalam penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 2,911 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien korelasi sebesar 49,60% yang menunjukkan bahwa kreativitas guru ekonomi dalam penggunaan media pembelajaran cukup kuat dalam mempengaruhi hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie.

 

Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar

References


Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amirzan, A., Muhammad, M., Jafaruddin, J., Herizal, H., Iqbal, M., & Ilyas, I. (2021). Implementing Discipline In The Covid-19 Period In Improving Student Achievement. Jurnal Serambi Ilmu, 22(2), 178-185.

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsad, Azhar. 2018. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Craft, A. 2014. Membangun Kreativitas Anak. Depok: Inisiasi Press.

Daryanto. 2017. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah Syaiful, Bahri. 2015. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Effendy, Onong Uchjana. 2017. Ilmu Komunikasi (teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardywinoto dan Setiabudhi, T. 2017. Panduan Gerontologi. Jakarta: Pustaka Utama.

Indriana, Dina. 2016. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogjakarta: Java Press.

Iqbal, M., Salami, S., & Rahmi, L. Implementation of Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) to Reduce Academic Tension of the Students at Baldatul Mubarakah Islamic Boarding School. Journal of Community Research and Service, 7(1), 50-58.

Mulyasa. 2015. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar. 2018. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widisarana Indonesia.

Oktaria, T.A, Riswan Jaenudin, dan Rusmin AR. 2017. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Muara Padang. Jurnal Profit Volume 4 Nomor 2.

Olivia, Femi. 2017. 5-7 Menit Asik Mind Mapping Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar

Rahman, Abdul. 2017. Pengaruh Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V MI DDI Baru Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Rahmi, H., Jafaruddin, J., & Iqbal, M. (2021). Remedial Programs' Effectiveness on Indonesian Language Learning at SMAN 1 Bandar Baru, Pidie Jaya Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5305-5316.

Rasam, Fadli dan A.I.C. Sari. 2018. Peran Kreatif Guru dalam Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education Vol.5No.1.

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sardiman A. M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2016. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarno, A. 2017. Pembelajaran Individual. http://elearning.unesa.ac.id/ myblog/alim-sumarno/pembelajaran-individual.

Supardi. 2016. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trihadiyanti. 2016. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Artikel. (http://google.co.id.),

Tunjung, Ananda Sekar dan Purnomo, Arif. 2020. Kreativitas Guru IPS dalam Pengembangan Media Pembelajaran pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri Semarang. Harmony 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Uno, Hamzah B. 2015. Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang. Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Wahyono, Hari Nur. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Studi Sosial Vol. 4 No.2.

Wuryanto. 2020. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar. UPTD Pendidikan Kecamatan Toroh. Grobogan.

Yunita. 2016. Bentuk-Bentuk Kreativitas. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http:repository.upi.co.id

Yusnani, Achmadi dan Okianna. 2020. Pengaruh Kreativitas Guru Ekonomi dalam Mengajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal online. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.