MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS REVITALISASI RUMAH ADAT ACEH DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KESEJARAHAN DI SMA NEGERI 1 SIGLI

Nina Suryana, Widia Munira, Uswatul Hasanah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Revitalisasi Rumah Adat Aceh dalam Meningkatkan  Nilai-Nilai Kesejarahan di SMA Negeri 1 Sigli”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi media pembelajaran Sejarah Berbasis Revitalisasi Rumah Adat Aceh, Untuk mendeskripsikan nilai-nilai kesejarahan yang terkandung didalam media pembelajaran serta untuk mengetahui kendala dalam memimplementasi media pembelajaran. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan Implementasi media Pembelajaran Sejarah Berbasis Revitalisasi Rumah Adat Aceh diterapkan melalui langkah-langkah yang dilakukan guru saat  memanfaatkan media dalam pembelajaran.  Nilai-nilai kesejarahan yang terkandung didalam media pembelajaran sejarah Berbasis revitalisasi Rumah Adat Aceh adalah siswa menyukai desain serta bentuk unik rumah adat aceh, menghidupkan kembali minat siswa dalam membangun rumah adat aceh di masa yang akan datang yang selama ini sudah diminati masyarakat, mengenang kembali persatuan dan kesatuan masyarakat Aceh, Nilai-nilai Islam yang begitu melekat di masyarakat Aceh juga memberikan pengaruh cukup besar pada bentuk serta tata letak rumoh Aceh. Kendala dalam memimplementasi media Pembelajaran Sejarah Berbasis revitalisasi Rumah Adat Aceh untuk meningkatkan nilai nilai kesejarahan di SMA Negeri 1 Sigli adalah  siswa kurang fokus, minat belajar siswa rendah, terbatasnya waktu, kurangnya materi sejarah lokal.

References


Aca Supriatna. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooeratipe STAD. Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bandung: UPI.

Agung, Leo dan Sri Wahyuni. (2019). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : PT Ombak.

Ahmadi, Abu dan Cholid Narbuko. 2022. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi. Aksara.

Ali, M., & Iqbal, M. (2020). Achievement Motivation Orang Tua Siswa Di Sekolah Sukma Bangsa Pidie. Jurnal Real Riset, 2(3).

Amelia. (2018). Perencanaan pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Arsyad Azhar. (2018). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asnawir. dan Basyirudin Usman. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat. Pers.

Hamalik, 2020. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hartatik. (2019). Sejarah Pengembangkan SDM (I). Jogjakarta: Laksana.

Iqbal, M. M. (2019). Efektifitas Program Remedial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. Jurnal Real Riset, 1(1).

Johnson, Elaine. (2021). Contextual Teaching & Learning; Menjadikan. Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna.

Kamarga, Hansiswani dan Kusmarni, Yani.(2018).Pendidikan Sejarah Untuk Manusia dan. Kemanusiaan:Refleksi Perjalanan Karier, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kochhar, S.K. (2019). Pembelajaran Sejarah. Jakarta: PT Grasindo.

Koentjaraningrat. 2021. Beberapa Pokok Antropologi Budaya. Jakarta: UI Press

Muhadjir Noeng. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake

Muhammad, Teguh, 2019, Metodologi Penelitian Ekonomi; Teori dan Aplikasi Jakarta: Gramedia Pustaka.

Nana Supriatna dkk..(2022). Bahan Belajar Mandiri Pendidikan IPS di SD. Bandung:UPI Press.

Nana Syaodih Sukmadinata, 2018, “Metode Penelitian dan Pendidikan”, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).

Nazir. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngalimun. 2023. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja. Pressibdo.

Ramli, Muhammad, 2019. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN.

Sardiman. 2021. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sjamsuddin, Helius. (2018). Metodologi Sejarah. Jakarta : Depdikbud Proyek.

Subakti, YR. 2019. Paradigma Pembelajaran Sejarah Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, Winarno. 2022. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Bandung: Transito.

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan. Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Pustaka Setia.

Uno, Hamzah. 2018. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi. Aksara.

Wina Sanjaya. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.