PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KASAB ACEH UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DI SMAN 1 MILA

Fahrizal Fahrizal, Muslem Muslem, Miftahul Jannah

Abstract


Abstrak

Kasab merupakan bagian dari perangkat adat masyarakat aceh yang berfungsi sebagai dekorasi. Meskipun sebagai dekorasi, kasab sebenarnya mengandung nilai/makna sendiri sehingga tidak sekedar mengandung nilai estetika semata namun memiliki nilai dan simbol dalam kehidupan masyarakat aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran sejarah berbasis kasab Aceh untuk meningkatkan nilai-nilai karakter di SMAN 1 Mila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Mila Kabupaten Pidie pada tahun ajaran 2022-2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif triangulasi yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter yang muncul pada siswa SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie yaitu disiplin, kerja sama, rasa ingin tahu, tanggung jawab, toleransi, religius, kreatif, peduli lingkungan, jujur, mandiri, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, demokratis, dan gemar membaca. Pembelajaran sejarah berbasis Kasab Aceh dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa SMA Negeri 1 Mila Kabupaten Pidie. Beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran kasab Aceh adalah kurang profesionalnya guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran dengan memasukkan muatan lokal kedalam pokok bahasan, keterbatasan sumber informasi, keterbatasan media pembelajaran, kurangnya dukungan kebijakan dari pengambil kebijakan.

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Kasab Aceh, Karakter Siswa

References


Alfiana, Diah. 2017. Pengaruh Budaya Religius Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta

Hardi, Etmi & Basri, W. 2019. Implementasi Pembelajaran Sejarah Bermuatan Lokal di SMA Negeri di Sumatera Barat. Prosiding Seminar Nasional Sejara Ke-4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, 208–215.

Halimah, H., & Iqbal, M. (2019). Improving Function Through Mosque Administration Reform at the Baiturrahman Banda Aceh Mosque. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 191-194.

Hatmono, P.D. 2021. Historiografi Buku Teks Sejarah Lokal Pada Pembelajaran

Sejarah. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 2(1), 60–74.

Hermaliza, Essi. 2013. Simbol dan Makna Kasab di Aceh Selatan. Banda Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Isjoni. 2017. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Iqbal, M., Muhammad, M., & Rahmah, N. (2022, December). MB-KM CURRICULUM PLANNING IN IMPROVING THE QUALITY OF GRADUATES IN ERA 5.0 (Case Study at Jabal Ghafur College of Health Sciences). In Proceedings of International Conference on Education Technology and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 16-21).

Kamza, Muhjam. 2020. Model Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Problem Solving out door Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala.

Kochhar, S.K. 2018. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, PerguruanTinggi, dan Masyarakat,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Majid, Abdul. 2016. Pendidikan Karakter Persepektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mu’in, Fatchul. 2016. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Nelva Puspita. 2016. Proses Pembuatan Kasab Di Desa Geulumbuk Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Volume 1, Nomor 1: 55-63 Februari 2016.

Nurul Fajri. 2013. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah”. (online).(http://SejarahAkademikaImplementasiKurikulum.

Rahma, Fitra. 2020. Ragam Hias Kasab Dan Perkembangannya Di Desa Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Kajian Simbol dan Makna) Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Romadi dkk. 2017. Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang Sejarah Dan Budaya, Tahun Kesebelas, Nomor 1, Juni 2017.

Rosmala. 2018. Aplikasi Sulaman Benang Emas Pada Hiasan Dinding Program Studi Pendidikan Kesejahteraan keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh 2018Email: rosmaladewi434@u nsyiah.ac.id .

Rudy Gunawan. 2019. Pembelajaran Sejarah Berbasis Permainan Tradisional Betawi Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA.

Sermal, 2017. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Sikap nasionalisme Siswa Sma Kota Padang Prodi Tadris IPS-Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINIB Padang.

Somad, A. 2019. Pembelajaran Sejarah Lokal di Banten: Implementasi dan Upaya

Pengintegrasian Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013. Makalah.

Disampaikan dalam Bedah Buku Aria Wangsakara yang diselenggarakan

AGSI Provinsi Banten di Kampus Universitas Islam Syekh Yusuf

Tangerang, 26 November 2019.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sudjana. 2015. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Uno, Hamzah. 2015. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wijayanti, Y. 2017. Peranan Penting Sejarah Lokal Dalam Kurikulum di Sekolah

Menengah. Jurnal Artefak, 4(1), 53–60.

Yahya Khan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan, (Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Zahro. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing( guided inquiry ) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI-IIS 2 SMA Negeri 1 Gambiran tahun ajaran 2014 / 2015. Jember: Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.