Pendekatan Kontruktivisme dengan Menggunakan Model Probing Prompting Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor Di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga

Muchsin Muchsin, Zakiah Zakiah, Maqfirah Maqfirah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pendekatan Kontruktivisme dengan Menggunakan Model Probing Prompting terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: perbedaan  keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan yaitu True- Eksperiment Design untuk melihat keterampilan berpikir kritis peserta didik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Glumpang Tiga. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah 43 orang yang ditentukan dengan probability sampling, yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Probing Prompting dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis statistic diketahui bahwa uji normalitas berdistribusi normal. Varians data adalah homogen karena nilai sig lebih besar dari  0,05 (0,389 > 0,05). Sedangkan hasil uji hipotesis di analisis menggunakan uji Independent Samples t Test pada taraf signifikan 0,05  dengan bantuan SPSS 26.0. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting dan konvensional.

 


References


Anisah, T., & Carlian, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 98-106.

Ariska, A., Simanullang, A. F., & Lumbangaol, S. T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa di SMA Swasta Tamansiswa Tapian Dolok TA 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 742-750.

Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 21-24.

Layn, M. R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Probing-Prompting Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 77-80.

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, IW, & Artayasa, IP. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa. Vol. 15. No. 3

Muchsin, Andiandri Suhaili. Keadaan Konseptual siswa dan penyebab miskonsepsi dalam pokok bahasan termodinamika. Akselerasi Inovasi Pendidikan dalam Membentuk Karakter Bangsa 1 (SNPSI), 161-166,2016.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. 2014. Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol.4. No.1

Nurliana. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok

Putra, H. S., & Sylvia, I. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Probing prompting Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 273-281.

Qudsiyah, L., Hermanto, D., & Liesdiani, M. (2022). Probing-Prompting Pengaruh Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1818-1829.

Saguni, F. (2020). Penerapan teori konstruktivis dalam pembelajaran. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 19-32

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.

Suci Darmi. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1Tambang

Sulaiman, S., Fuad, F., Iqbal, M., & Muhammad, M. (2019). The Performance of Lecturer in the Development of Academic Culture in Ilmu Tarbiyah Al-Hilal College of Sigli. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 2(4), 220-228.

SA Kumala, A Widiati. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika.Vol.8. No.2 (274-281)

S Suparlan. 2019. Teori Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. Vol. 1. No. 2 (79-88)

Wajdi, B. (2015). Pemanfaatan Media Power Point Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.