PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID)

Zulfikar Zulfikar, Taufiq Taufiq, Hery Saputra

Abstract


Dilatarbelakangi tujuan pembelajaran matematika siswa menggunakan bahasa yang matematis dan mudah dipahami serta dipersiapkan untuk dapat mengembangkan pemikiran yang inovatif dan kreatik sehingga penulis menarik untuk mengambil judul skripsi ini dengan judul : Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Intructional Design. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Indra Jaya yang bersampelkan kelas X MIPA 1 dengan jumlah 24 siswa. Setelah peneliti mengguji data tersebut dengan uji t melalui test of normality Pre Test dan Post Tes SPSS 20 diperoleh signifikasi 0,020 (pre tes) dan 0,274 (post tes0 yang lebih besar dari 0,05 maka data tersebut normal. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima” artinya ada perbedaan antara hasil belajar matematika untuk Pre Test dan Post Test, sehungga dapat disimpulkan pula bahwa ”ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Intructional Design pada siswa X IPA SMA Negeri 2 Indra Jaya.

References


Adeninawaty, D., Soe’oed, R. dan Ridhani, A. 2018. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matemati Dalam Menyelesaikan Suatu Aktivitas Di Mana Terdapat Sebuah Proses Dari Tidak Tahu Menjadi Tahu, Tidak Mengerti Menjadi Mengerti, Tidak Bisa Menjadi Bisa Untuk Mencapai Hasil Yang Optimal” (2018:4)

Amri. Sofan (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.

Evalina dan Hartini. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran" (Bogor: Ghalia Indonesia

Hartono, Jogiyanto. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE. Yogyakarta.

Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery. http://herdy07.wordpress/2010/05//27/metode-discovery-penemuan.html diakses pada tanggal 22 November 2011 pukul 16.04.

H. Jaja Jahari dan M. Sobry Sutikno. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Prospect.

Ida Ittifaqur Rosidah, Beti Rahayu, And Dwi Fitri Nurhayati, 2018. Penerapan Metode Meaningful Instructional Design (Mid) Dalam Bimbingan Klasikal Untuk Me. Prosiding Online (E-Isbn: 978-602-5498-30-5) Seminar Nasional Dan Workshop Bimbingan Dan Konseling 2018, Mid, 2018, 154–60.

Ihsana, 2017. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan: Media Persada.

Iqbal, M. M. (2019). EFEKTIFITAS PROGRAM REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KEMBANG TANJONG KABUPATEN PIDIE. Jurnal Real Riset, 1(1).

Kasiram, Mohammad. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.

Nanang Martono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Rajawali Pers

Nuryanti, L., Zubaidah, Z., & Diantoro, M. 2018. Analisys Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155-258

Offirston, Topic. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogjakarta: CV Budi Utama.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan. Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung :Tarsito

Saefuddin, A., dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Siregar, M. (2017). Respon Pemberian Nutrisi AbMix Pada Sistem Tanamana Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi. Journal Of Animal Science And Agronomy Panca Budi Vol. 2

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta,CV.

Sulistyaningsih. 2010. Uji kepekaan beberapa sediaan antiseptik terhadap bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Pseudomonas aeruginosa Multi Resisten (PAMR). (Laporan penelitian mandiri). Jatinangor: Universitas Padjajaran.

Sumarjoa, A., & Iqbal, M. (2021). The principal in forming teacher work motivation in the covid-19 pandemic period at senior high school 1 Sigli. teaching and learning, 15(5), 721-735.

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Sswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung. Tidak Diterbitkan.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Syafrida. 2018. Langsa, Efektivitas Model Pembelajaran Meaningfull Instructional Design (Mid) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Di kelas Vii Smpn 5‘, Skripsi Iain Langsa, 2018, h.13.

Teni Sritresna. 2015. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID)‘, 5.April (2015), 38–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.