ANALISIS TINGKAT LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDA ACEH

Muhammad Azzarkasyi, Syamsul Rizal, Mahyana Mahyana, Mukhtasar Mukhtasar

Abstrak


Penelitian ini mengkaji rendahnya literasi sains siswa Indonesia berdasarkan hasil PISA 2018, dengan fokus pada SMP Negeri 13 Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah menganalisis tingkat literasi sains siswa berdasarkan kerangka PISA yang mencakup konteks, kompetensi, dan pengetahuan sains. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel 60 siswa yang diambil secara stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains 20 butir soal yang telah teruji validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan capaian literasi sains siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang (63,2%), dengan konteks sains sebagai aspek terlemah (58,5%) dan pengetahuan sains sebagai aspek terkuat (69,4%). Kesimpulan penelitian mengidentifikasi perlunya peningkatan pembelajaran berbasis konteks lokal, optimalisasi laboratorium, dan pelatihan guru untuk mengembangkan ketiga aspek literasi sains secara seimbang, khususnya dalam penerapan konsep sains untuk memecahkan masalah kehidupan nyata.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugrah, J. I., & Astriani, D. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 12(2), 38–42. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/61112

Astuti, W., Sulastri, S., Syukri, M., & Halim, A. (2023). Implementasi pendekatan science, technology, engineering, and mathematics untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11, 25–39.

Azzarkasyi, M., & Rizal, S. (2023). An analysis of Scientific Literacy Misconception Using FTT to IPA Teachers in Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 24(1), 60–74. https://doi.org/10.32672/si.v25i1.4943

Azzarkasyi, M., Rizal, S., & Risaharti, R. (2022). Profile of Scientific Literacy Ability of Middle School IPA (Natural Sciences) Teachers in Banda Aceh City. Proceedings of International Conference on Multidiciplinary Research, 05(1), 37–44. https://doi.org/10.32672/pic-mr.v5i1.5251

Dwi Wijayanti, I., Hawanti, S., & Muhammadiyah Purwokerto, U. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2080

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Kamil, F. F., Permanasari*, A., & Riandi, R. (2021). Studi Profil Literasi Sains Siswa dan Pembelajarannya di SMP Kota Banda Aceh. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(4), 353–363. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i4.23446

Ngadimini, N., Hamid, A., Nurulwati, N., & Nasution, N. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh Setelah Diterapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Serambi Akademica, XI(9).

OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Osborne, J. (2023). Science, scientific literacy, and science education. In Handbook of research on science education.

Safira, S., Maghfirah, A. R., & Ali, R. T. (2023). Kriteria Literasi Sains untuk Sekolah Menengah Pertama. Intelektualita, 12(02), 114–125. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/21407

Tillah, N. F., & Subekti, H. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Smp Berdasarkan Indikator Dan Level Literasi Sains. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(12), 137–154.

Ulfah, N. (2020). The Effect of SETS (Science, Environment, Technology and Society) Approach Application on Natural Science Subject toward The Science Literacy of VII Grade Students in SMP Negeri 2 Tarakan. Borneo Journal Of Biology Education, 2(1), 24–32. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/bjbe/article/view/1737

Vavilaya, S. atmaja, Azzarkasyi, M., & Rizal, S. (2024). Peningkatan Literasi Sains Menggunakan Media Berbasis Augumented Reality pada Materi Usaha dan Energi Siswa SMPN 17 Banda Aceh. Technology and Literacy in Education, 3(3), 132–140. https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/jtle/article/view/3004


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.