KORELASI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 SAKTI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sakti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data diperoleh melalui angket minat belajar dan hasil ulangan fisika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel yang diambil secara acak sebanyak 41 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang sugnifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Semakin tinggi minat belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan minat belajar siswa dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Rekomendasi bagi guru dan sekolah adalah untuk menciptakan linkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Kata kunci: Korelasi, Minat Belajar, Hasil Belajar, Fisika
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Oktaviana, D., Jufrida., & Darmaji. (2020). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 KotaJambi. http://jfu.fmipa.unand.ac.id.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Tiara Nurmadanti. (2021). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 1 Bungo. https://cahaya-ic.com/ Tiara Nurmadanti. (2021). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 1 Bungo. https://cahaya-ic.com/
Yolviansyah. (2020). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA N 3 Muaro Jambi. https://online-journal.unja.ac.id/
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.