PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PIDIE

Fakhrurrazi, Boihaki, Cut Yusnidar

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktifitas kerja pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie, Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie yang berjumlah 72 orang. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode pengambilan sampel adalah secara total sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel keselamatan kerja dan kesehatan kerja secara positif dan signifikan terhadap produktifitas kerja Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie. Hal ini disimpulkan setelah di lakukan berbagai macam pengujian statsitik. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan menerima hipotesis ha dan sebaliknya menolak hipotesis ho. Dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan program SPSS versi 21.0 menunjukkan nilai bahwa F-hitung = 498.967 dengan tingkat probabilitas 0,000, sedangkan F-tabel = 3,124. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05. F-hitung (498.967) ≥ Ftabel (3,124), maka dapat dikatakan bahwa variabel produktifitas kerja dapat dijelaskan bersama-sama secara signifikan oleh variabel kesehatan kerja dan keselamatan kerja atau dengan kata lain penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dari kedua variabel penelitian ini bahwa variabel keselamatan kerja lebih dominan pengaruhnya ketimbang variabel kesehatan kerja.

Kata Kunci : Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, dan Produktifitas Kerja representatif bagi artikel ini


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003, Pasal 86 ayat 1. Tentang perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja.

Mondy, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 10. Jilid 2. Jakarta. Erlangga.

Mathis. Jackson, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta. Salemba Empat.

Sayuti, 2013, Manajemen Kantor Praktis. Alfabeta: Bandung.

Gunawan. Waluyo, 2015, Risk Based Behavioral safety. Jakarta: PT. Gramedia.

Widodo, 2015, Manajemen Pengembangan Sumber Daya. Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slamet, 2012, Pengantar Ilmu Pajak. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Darmawan, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yukl., Gary, 2012, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.