PERTUMBUHAN DAN HASIL 4 VARIETAS PADI LOKAL ACEH AKIBAT PUPUK ORGANIK

Mawardiana, Karnilawati, Fadhillah

Abstrak


Perhatian dan minat untuk mengembangkan varietas padi lokal     Aceh di tingkat petani masih sangat rendah walaupun biaya                   produksi            tidak tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  pertumbuhan dan hasil 4 varietas padi lokal yang diberi pupuk organik serta interaksinya. Penelitian dilaksankan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur Gle Gapui Sigli dari  Oktober 2019 sampai Maret 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial, ada 2 faktor yang diteliti yaitu faktor varietas padi lokal dan faktor dosis pupuk organik. Faktor varietas padi lokal terdiri dari 4 taraf yaitu Putik Langsat (V1), Surya (V2), Pade Mirah (V3), Leukat Beuneung (V4) dan faktor dosis pupuk organik terdiri dari 2 tarap yaitu   0 ton kg/ha (P0)   dan  20 ton kg/ha (P1). Parameter yang diamati : tinggi tanaman, jumlah anakan, berat gabah kering per plot dan Hasil per hektar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas padi lokal berpengaruh nyata terhadap jumlah anakan umur 35 HST, namun berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan umur 25, 45 dan 60 HST, berat gabah kering per plot dan produksi gabah per hektar. Pupuk organik berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, berat gabah kering per plot dan hasil per hektar. Padi lokal memberikan respon yang lebih baik terhadap  pertumbuhan dan hasil pada tanah yang diberikan pupuk organik dengan perbedaan hasil mencapai 1,07 ton dalam satu hektar.

Kata kunci  : varietas, Padi lokal  Aceh, pupuk organik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anhar, Ridwan , Erita Hayati, E. (2016). Pengaruh Dosis Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Plasma Nutfah Padi Lokal Asal Aceh. 1(1), 30–36.

Ade A, Rita H, Ehayati. 2015. Pengaruh Pemupukan Terhadap Pertumbuhan Beberapa Varietas Padi Gogo (Oryza sativa L.). Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah.

Basuki. J. 2004. Pentunjuk Tehnis Budidaya 23 Tanaman Unggulan. PT Ciptawidya Swara. Jakarta.

Handayani, K. D. 2003. Pertumbuhan dan produksi beberapa varietas jagung (Zea may L) pada populasi yang berbeda dalam sistem tumpang sari dengan ubi kayu (Manihot esculenta Crants).Skripsi. Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor

Hardjowigeno, S. 2007. Ilmu Tanah. Mediyatama Sarana Perkasa. Jakarta.

Hidayat. T. 2002. Aplikasi Pupuk Organik dan Nitrogen pada Jagung Manis. Jurnal Agritek. Diakses pada tanggal 20 Juni 2019.

Krismawati, A., 2007. Pengaruh Ekstrak Tanaman Ceremai, Delima Putih, Jati Belanda, Kecombrang , dan Kemuning secara In Vitro terhadap Proliferasi Sel Limfosit Manusia. Skripsi. IPB. Bogor.

Nazirah L, B Sengli, J Damanik. 2015. Pertumbuhan dan hasil tiga varietas padi gogo pada perlakuan pemupukan. J Floratek. 10: 54-60.

Sembiring. B. 2008. Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman. IPB Press. Bogor.

Sutanto. 2002. Pengaruh Varietas dan Kesuburan Tanah Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Padi Sawah. Dasar Kesehatan Dan Kualitas Tanah. Gava Media. Yogyakarta.

Wahyuti, S. M. 2013. Analisis Produktivitas Beberapa Tipe Padi. Institut Bogor.

Wanda. 2011. Keragaman Beberapa Varietas Unggul Padi di Kabupaten Banteng Sulawesi Selatan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Serealia. Sulawesi Selatan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.