EFEKTIFITAS PENGGUNAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI UNGGUL SIGLI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe talking stick lebih tinggi hasil belajar siswa. Sehingga teknik analisis data mengunakan analisis uji- test akhir dan uji-t. Dari uji- tes akhir distribusi (0,95)(3) = 7,81karena -106,3 < 7,81 maka dapat disimpulkan bahwa data distribusi tes akhir berdistribusi normal. Uji-t maka didapat thitung > ttabel yaitu 7,65 > 1,70 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Penelitian yang diketahui oleh dua orang pengamat mencapi 86,87% termasuk kategori sangat tinggi, tingginya hasil siswa dilihat melalui tes yang dilakukan. Ketuntasan belajar siswa terhadap materi Hidrokarbon dengan penggunaan model pembelajaran tipe talking stick mencapai 93%. Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran talking stick mencapai persentase yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe talking stick dapat memacu lebih tinggi keefektifan belajar siswa pada materi Hidrokarbon di SMA Negri Unggul Sigli. Setiapnya pembelajaran tidak berpusat pada guru saja tetapi harus mengaktifkan siswa dalam belajar maka dari pada itu lebih baik guru saat proses belajar mengajar dapat menerapkan model pembelajaran tipe talking stick untuk mengaktifkan siswa.
Kata kunci : Hasil Belajar, Hidrokarbon, Pembelajaran tipe Talking Stick.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anung., CS ChemOffice., (2008), http://pakanung.blogspot.com (2 April 2012)”.
Arianto, S., (2004), Jurnal Sarwah, Jurnal 1: STAIN, Lhoksumawe.
Arikunto., Suharsimi., (1993), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi III Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
BHIKS, Home., (2012) Pengertian Hasil Belajar, http://pengertiandefinisi.com, diakses (29 Maret 2012).
Divisi Bidang Pendidikan SMA Inshauddin Banda Aceh, tahun 2011-2012
Hamalik, Oemar., (1990), Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Tarsito, Bandung.
Harniasih, W., (2005), “Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar”, Skripsi, Universitas Syah Kuala, Banda Aceh.
Husnawati., (2011)., meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajran Kooperatif Tipe Talking Stick., Skripsi, FKIP, Universitas Muhammadiyah, Makasar.
Johar, R.; Nurfadhilah, C.. dan Hanum, L., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.
Mahmud., (2011), Metode Penelitian Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung.
Poerwadarminta, W.J.S., (1986), Kamus Umum Bahasa Indonenesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Ramadahan, T., (2011) Model Pembelajaran Talking Stick, http://rumahdesakoe.blogspot.com, diakses (31 Maret 2012).
Russefendi, E.T., (1982), Dasar-dasar Matematika Moderen, Penerbit Trasito, Bandung.
Sudjana, N., (2005)., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Penebit Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sudjana., (2005), Metode Stastika, Tarsito, Bandung.
Wolf, Diam., (2006), http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair =en|id&u=http://sleepingcrow.wordpress.com, diakses (19 juli 2012).
Yamin, M., (2003), Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Gaung Persada Press, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.