PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA di SMA
Abstract
Problem based learning adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar dan bekerjasama dalam kelompok untuk mencari penyelesaian masalah-masalah dalam pembelajaran dimana siswa dapat terbantu dalam mengembangkan komunikasi dan kemampuan bekerjasama menerima informasi dalam belajar. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Memotivasi Siswa Belajar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Indrajaya dalam mempelajari materi dinamika dan keseimbangan benda tegar melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Hipotesis dalam penelitian ini yaitu model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kelas X1-MIA di SMA Negeri 1 Indrajaya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan model rancangan pre-test post-tes one group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIAdi SMA Negeri 1 Indrajaya. Sampel dalam peneitian ini adalah seluruh kelas XI-MIA1 yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan analisis data tes diperoleh hasil thitung dengan ttabel dengan hasil thitung > ttabel yaitu 18,07 > 1,71 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 1 Indrajaya terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi dinamika dan keseimbangan benda tegar.
Kata kunci: penerapan, Problem Based Learning rhitung cepat, hasil blajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Jihad dan AdulHaris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Arsyad,A . 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.
Aqib,Zainal. 2011. Model-model,Media dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.
Sagala,Syaiful .2012.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
Amir, M Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Annurahman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
Sudjana,Nana.2013.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Firmansyah, A., Kosim, & Ayub, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika danTeknologi, 1(3):154-159.
Asri Budiningsih, C. Dr. 2012. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dwi, I.M., H. Arif, dan K. Sento. 2013. “Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Permahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika”, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia/ Vol. 9 No. 8, 8-17.
Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Kartasura: FAIRUZ MEDIA.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Arends, R. (2008). Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiono.2013.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Riduwan.2004.Metode Dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.