MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PRE-QUESTIONING
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik pre-questioing dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMAN 1 Glumpang Tiga. Sampelnya adalah kelas XI-IIS sebagai kelas eksperimen dan XI-MIA 3 untuk kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperangkat tes tertulis yang digunakan untuk pre test dan post test. Data dianalisis dengan uji-t dari perhitungan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai pre-test eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (55,10 > 53,80). Kemudian, setelah menerapkan teknik pra-pertanyaan, nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (73. 30 > 55.20). Nilai signifikansi (sig 2-tailed) 0,00 < 0,05 (a) sehingga Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selain itu, ukuran efek penerapan teknik pra-tanya jawab adalah 2,04. Oleh karena itu, tingkat ukuran efek penelitian ini kuat. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa penerapan teknik pre-qusttioning secara signifikan meningkatkan pemahaman bacaansiswa.
Kata kunci3-5 kata kunci dicetak miring kata yang penting , spesifik, atau representatif bagi artikel ini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Books
Arikunto. (2009). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik . Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: cv Alfabeta.
H. douglas brow. (2004). language assessment principles and classroom practices.White Plaines :Pearson Education
Journals
Agussalim. (2016). Improving students’ reading skills through Communicative Language Teaching. English Education Journal (Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang), 7(4), 468–480.
Ani rosani, natalina asi, wahyuningsih usadiati. (2013). the use of pre-questioning technique and instagram to comprehend narrative reading texts. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Awaliah Azis, R. D. (2014). the effects of pre-question strategy on the reading comprehension achievement of the second grade students at sma negeri 1 Bantaeng. Journal English Education Department, 3(1).
Batubara, A., & Pd, S. P. M. (2018). implementing collaborative srtategy reading to improve student’s reading comprehension. Journal English Language Teaching and Research, 2(1), 84–100.
El-Koumy, A. S. A. (2013). Effects of Three Semantic Mapping Strategies on EFL Students’ Reading Comprehension. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2365006
Febtisari, M. (2017). improving student’s reading comprehension of descriptive text by using collaborative strategic reading (csr) to eight grade students at junior high school. Journal of English Language Teaching, 6(1).
gonul akcamete, ozlem dagli gokbulut. (2018). opinion of classroom teachers on reading comprehension difficulties,inclusion education and co-teaching. Journal Departement of Special Education, Atatur Facultty of Education, Near East University., 791–807. https://doi.org/10.1007/s11135-017-0664-7
Handayani, W., Setiawan, W., Sinaga, P., Suhandi, A., Pendidikan, D., Komputer, I., Fisika, D. P., & Indonesia, U. P. (2018). Physics student teachers â€TM reading comprehension skills of science and physics texts. Journal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 203–211.
Hiang, T. C., Pandian, A., Abdul, S., Mohamed, M., Ahmad, K., & Ali, A. (2012). Teaching reading to struggling learners. International Journal of Arts & Sciences, 5(5), 477–488.
Melati, E. (2019). the effect of pre-questioning technique on reading comprehension at vii grade students of smpn 16 mandau. Journal of English Language Pedagogy, 4(July), 13–18.
Mislaini. (2015). improving students’ readinbg comprehension of narrative text by using fable at the grade x sman 1 bonai darussalam.Journal English Study Program of Teacher Training and Education University of Pasir Pengaraian.
Prameela Priadersini, B. S. (2016). Improving Reading Comprehension Using Reading Strategies. Journal University of Syiah Kuala, Banda Aceh, 549–564. https://doi.org/10.5176/2251-3566_l316.48
Rosnaningsih, A. (2017). The EffeCT of Pre-Questioning Technique on Students ’ Reading Comprehension. The Journal of English Language Studies, 2(1), 46–53.
Utami. (2017). the effectiveness of pre-questioning technique to teach reading comprehension of narrative text. Journal of English Language Teaching Http:/journal.unnes.ac.id/sju/index.pjp/elt, 6(1), 59–68.
Internets
indah rizqia putri. (2016). the effect of pre-questioning technique on students’reading comprehension achievement at the second year students of smpn 29 bandar lampung.
Kusumaningrum, D. (2017). Implementing the 2013 Curriculum of the Tenth Grade.
Hassan, M., & Hamed, M. (2018). College of Graduate Studies The Importance of Reading Strategies in Developing Reading Skills n English Language ?.
Yuliana. (2014). improving students’ reading comprehension by using pre- questionings.
Yuniarti, E. (2013). improving the students’ reading comprehension through know -want- lern technique at the eleventh grade of sma negeri 1 sanden in the academic year of 2012/2013.
Refbacks
- There are currently no refbacks.