PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWAREMAPLE UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY MAHASISWA

Zulfa Razi, Mirunnisa

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model discovery learning berbantuan software maple dapat meningkatkan self efficacy mahasiswa?.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimenyang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kelas eksperimen dengandesain penelitian pretest-postes group. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Fakultas Teknik Informatika Universitas Jabal Ghafur dengan sampel kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa angketself efficacy.Uji statistik yang digunakan adalah uji-t untuk menganalisis data peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Hasil analisis data diperoleh N-Gain self efficacy dengan nilai t = 2,164 dan Sig. (2-tailed) = 0,035 danSig.(1-tailed)= 0,0175 sehingga  nilai Sig. (1-tailed) self efficacy mahasiswa yang menggunakan model discovery learning berbantuan software maple lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Self efficacy, dan software maple


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adicondro, N dan Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Pada Siswa. Jurnal Humanitas, 8(1), 17-27

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bergen, A. (2013). Self efficacy, special education students,and achievement: shifting the lens. Rivier Academic Journal, 2(1),1-9.

Haryanti, F. d. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 147-161.

Herdina, Y. (2017). Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Discovery Learning dan Problem Based Learning.KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 131-146.

Jatisunda, M, G. (2017). Hubungan Self Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Theorems, 1(2), 24-30.

Rahayu, S. B. (2016). Pengembangan Model Diklat Guru Sosiologi SMA Tentang Strategi Pembelajaran Discovery Inquiry Berbantuan CD Interaktif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (1), 131-147.

Razi, Z dan Mirunnisa. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Aksioma, 8 (3), 520-527.

Yusuf, M. D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (2), 19-26.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.