MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENUMBUHKAN SOFT SKILL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Mirunnisa, Zulfa Razi

Abstrak


Pembelajaran generatif merupakan pembelajaran dimana siswa dilatih untuk bekerja sama dalam kelompok, memecahkan masalah baik sendiri maupun secara kelompok, percaya pada diri sendiri, mampu berkomunikaksi secara lancar baik dalam menyampaikan pendapat maupun pertanyaan-pertanyaan, kreatif dalam menyelesaikan berbagai persoalan terutama soalan matematika, dan berpikir kritis dalam menilai dan melakukan sesuatu. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skill siswa setelah diterapkannya model pembelajaran generatif dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tiro. Data diperoleh melalui metode observasi, angket, dan soal tes. Rancangan penelitian yang digunakan adalah “one shot case study” dan dianalisis dengan mencari rata-rata dan persentase aspek yang diamati. Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran generatif dalam menumbuhkan soft skill siswa pada aspek (a) kemampuan pemecahan masalah tergolong kriteria “baik” dengan persentase rata-rata 75,2 , (b) kemampuan kerjasama siswa dalam kelompok tergolong kriteria “baik” dengan persentase 66%, (c) kemampuan komunikasi siswa tergolong kriteria “baik” dengan persentase rata-rata 86,7, (d) kemampuan berpikir kritis siswa tergolong kriteria “tinggi” dengan persentase rata-rata 75,2, (e) kemampuan kreativitas siswa tergolong kriteria “ tinggi” dengan persentase rata-rata 75,2, dan (f) kemampuan percaya diri siswa tergolong kriteria “tinggi” dengan persentase 80%. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Generatif, Soft Skill dan Pembelajaran Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Setyowati, A. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 : 89-96.

Elfindri, dkk. 2009. Soft Skills untuk Panduan bagi Bidang dan Perawat. (Tanpa Kota): Baduose Media.

Lusiana. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3: 2.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Belajar.

Fahinu. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Matematika pada Siswa melalui Pembelajaran Generative. Disertasi. tidak Diterbitkan.UPI.

Haji, S. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Asli melalui pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Open-ended. Journal pasundan. Journal of mathematics education. Tahun 1 No.1. ISSN 2089-2055.

Prasetyo, Bambang, dkk 2005. Metode Penelitian Kuantitatif,. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2013. metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. bandung: Alfabeta

Chotimah, Husnul. Skripsi 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas X Pada SMA Negeri 8 Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang, 17.9

Adibah, Fanny. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri di kelas VIII MTs Negeri 2 Surabaya. Jurnal Widyaloka IKIP Widyadarma Surabaya, 1:1, hal 13

Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahmud, A. 2010. Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi MHM Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis, serta Persepsi terhadap Kreativitas. Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.