ANALISIS KESULITAN MAHASISWA MENYELESAIKAN SKRIPSI DI MASA PANDEMI PADA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jabal Ghafur dalam melakukan penelitian dan menulis laporan sebagai tugas akhir di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program studi pendidikan Bahasa Inggris yang sedang bimbingan skripsi tahun 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Angket diberikan kepada mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Data dianalis dengan dengan menggunakan teknik persentase yang selanjutnya di deskripsikan. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa ada berbagai macam kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam melakukan penelitian selama pandemi, baik secara akademik maupun non-akademik. Kesulitan bidang akademik sebanyak 81,8 % dan kesulitan non-akademik sebesar 18,2 %. Kesulitan akademik disebabkan oleh tantangan menyesuaikan topik penelitian dengan situasi terkini, writer’s block, kurang memahami metode penelitian dan gaya tulisan akademik. Dalam bidang non-akademik kesulitan mahasiswa didominasi oleh kesiapan pribadi. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan, informasi dan referensi kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jabal Ghafur sehingga faktor-faktor kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian skripsi di masa new normal dapat diatasi.
Kata kunci: analisis kesulitan mahasiswa, menulis skripsi, penelitian di masa pandemi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwasilah, A. C., & Alwasilah, S. S. (2005). Pokoknya Menulis, Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Dolosic, H. (2018). An examination of self-assessment and interconnected facets of second language reading. Reading in A Foreign Language, 30(2), 189–208.
Emilia, E. (2012). Menulis Tesis dan Disertasi (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Gomez, P. C. (2013). Statistical Methods in Language and Linguistic Research. UK: Equinox Publishing Ltd.
Indarto, W. (2012). Analisis Karya Tulis (Skripsi ) Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Periode 2008/2009 dan 2009/2010. Educhild, 01(1), 59–66.
Jahanbakhsh, S., Jomehri, F., & Mujembari, A. K. (2015). The Comparison of Women’s Self Confidence in Base of Gender Role. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2285–2290. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.573
Kisac, I., & Budak, Y. (2014). Metacognitive Strategies of the University Students with Respect to their Perceived Self-confidence Levels about Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3336–3339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.759
Lestari, N. A. (2012). Hubungan Ekspektasi Terhadap Dosen Pembimbing dengan Motivasi Menulis Skripsi. Educational Psychology Journal, 1(1), 1–8.
Mulyono, H., & Saskia, R. (2020). Dataset on the effects of self-confidence, motivation and anxiety on Indonesian students’ willingness to communicate in face-to-face and digital settings. Data in Brief, 31, 105774. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105774
Nurkamto, J. (2020). Kajian teori dalam penelitian kualitatif. In Bahan ajar bahasa dan sastra di era milenial (pp. 1–14). Jakarta: Gambang Buku Budaya.
Panadero, E., Brown, G., & Strijbos, & J.-W. (2016). The Future of Student Self-assessment: A review of known unknowns and potential directions. Educational Psychology, 4, 803–830.
Ratminingsih, N. M., Ganesha, U. P., Marhaeni, A. A. I. N., Ganesha, U. P., Vigayanti, L. P. D., & Ganesha, M. A. U. P. (2018). Self- Assessment : The Effect on Students ’ Independence and Writing Competence. International Journal of Instruction, 11(3), 277–290. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/iji.2018.11320a
Rismen, S. (2015). Alisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI. Lemma, I(2), 57–62.
Yan, Z., & Brown, G. T. L. (2017). A cyclical self-assessment process: towards a model of how students engage in self-assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education, 42(8), 1247–1262. https://doi.org/10.1080/02602938.2016.1260091
Refbacks
- There are currently no refbacks.