UJI DAYA KECAMBAH VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) KADALUARSA DENGAN PEMBERIAN ZPT ATONIK

Martunis Martunis, Jamilah Jamilah, Sri Handayani, Abdul Gani, Jafaruddin Jafaruddin

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh kombinasi beberapa Varietas Padi Kadaluarsa dengan pemberian ZPT Atonik terhadap daya kecambah. Varietas yang digunakan adalah Ciherang, Inpari 32 dan Mekongga. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan fakultas pertanian universitas jabal ghafur sigli, dari tanggal 2 juli sampai dengan 13 juli 2023. Penelitian disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) taraf 5% pada hasil uji F yang signifikan. Faktor pertama adalah Varietas Padi Kadaluarsa dengan 3 jenis varietas yaitu Ciherang, Inpari 32 dan Mekongga.. Faktor kedua adalah Kosentrasi ZPT Atonik dengan 3 taraf yaitu 1, 2 dan 3 ml. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan Varietas berpengaruh sangat nyata terhadap daya kecambah dan Kosentrasi ZPT Atonik berpengaruh sangat nyata terhadap daya kecambah. Interaksi antara faktor Varietas dan Kosentrasi ZPT Atonik berpengaruh sangat nyata terhadap daya kecambah benih padi.

Kata kunci : Daya kecambah, padi kadaluarsa, ZPT atonik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z. (2002). Dasar-dasar Pengetahuan Tentang Zat Pengatur Tumbuh. CV. Angkasa, Bandung.

Azmi. 2010. Pengaruh masa kadaluarsa dan penggunaan berbagai ekstrak bahan organik terhadap viabilitas dan vigor benih semangka (Citrullus vulgaris Schard.). J. Agrista. 14 (2): 44-50.

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. 2015. Pengertian Umum Varietas, Galur,. Inbrida, dan Hibrida.

Charomaini, M., & Hariyanti, S. (2005). Aplikasi atonik pada stek cabang bambu kuning. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman, Vol. 2, No.1.

Ikbal, M. (2014). Peranan Kelompok Tani dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi Sawah di Desa Margamulya Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. e-J. Agrotekbis, 505-509.

Mangoendidjojo, W. 2007.Dasar-Dasar Pemuliaan Tanaman.Yogyakarta : Kanisius.

Marliah, A., Jumini, dan Jamilah. 2010. Pengaruh Jarak Tanam Antar Barisan pada Sistem Tumpangsari Beberapa Varietas Jagung Manis dengan Kacang Merah terhadap Pertumbuhan dan Hasil. Jurnal Agrista Vol. 14 No.1.

Patti, P. S., E. Kaya & Ch. Silahooy. 2013. Analisis Status Nitrogen Tanah Dalam Kaitannya Dengan Serapan N oleh Tanaman Padi Sawah di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Jurnal Ilmu Budidaya Tanaman Agrologia, Vol. 2, No. 1, 2013, Hal. 51- 58.

Ridha, R., Syahril, M., & Juanda, B. R. (2017). Viabilitas dan vigoritas benih kedelai (Glycine max (L.) Merrill) akibat perendaman dalam ekstrak telur keong mas. Jurnal Penelitian Agrosamudra, 4(1), 84-90.

Saut, M.B. (2023). Manfaat Pemberian Atonik Terhadap Daya Kecambah Dan Pertumbuhan Pada Pembibitan Tanaman Siersak. Jurnal penelitian: Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Vol.17. No.1.

Sutrisno. 2014. Resistensi wereng batang cokelat padi, Nilaparvata lugens Stål terhadap insektisida di Indonesia. Jurnal AgroBiogen. 10(3):115-124.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.