PEMBUATAN KOMPOS DENGAN BEBERAPA JENIS LIMBAH DAN LAMA FERMENTASI

Rizal Rinaldi, Cut Mulia Sari, Jamilah Jamilah, Rusman Rusman

Abstrak


Limbah merupakan bahan yang terbuang atau dibuang dari suatu aktivitas manusia atau proses alami yang belum mempunyai nilai ekonomi dan mencemari lingkungan. Limbah organik dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik yaitu kompos. Kompos dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis limbah dan lama fermentasi serta untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian Universitas Jabal Ghafur Sigli. Penelitian dilaksanakan pada juli tahun 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor jenis limbah dan lama fermentasi, diperoleh 6 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan. Secara keseluruhan diperoleh 18 satuan percobaan. Faktor jenis limbah terdiri dari limbah ampas kelapa, limbah ampas tebu, limbah kulit ubi. Faktor lama fermentasi terdiri dari 1 bulan dan 3 bulan. Parameter yang diamati yaitu Rasio C/N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor jenis limbah dan lama fermentasi tidak berpengaruh nyata terhadap rasio C/N dan tidak terdapat interaksi terhadap keduanya.

Kata kunci : Limbah, Ampas Tebu, Ampas Kelapa, Kulit Ubi, Kompos

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djaja, W., 2008, Langkah Jitu Membuat Kompos Kotoran Ternak Dam Sampah, Agro Media Pustaka, Jakarta.

Isroi. 2008. Kompos . Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia, Bogor.

Sari, C. M., Karnilawati, Khairurrahmi. (2020). Analisis Kualitas Kompos dengan Perbedaan Jenis Limbah dan Lama Fermentasi. JAR, 3(1).

Setyorini, D., Saraswati, R., Anwar, Ea Kosman., Kompos, Dalam Pupuk Organik Dan Hatayi. BBSDLP-Badan Litbang Pertanian, 2006, Hal 11-40.

Surtinah, S. (2013). Pengujian Kandungan Unsur Hara Dalam Kompos Yang Berasal Dari Serasah Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata). Jurnal Ilmiah Pertanian, 11(1), 11-17.

Susanti, D. S. (2015). Pemberian berbagai jenis kompos pada pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum l) di kabupaten Enrekang. Agricola, 5(1), 61±69.

Syafii, M., Murniati, & Ariani, E. (2014). Aplikasi Kompos Serasah Jagung Degan Bahan Pengkaya Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt). Jom Faperta, 1(2), 1±8.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.