PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TELKOM AKSES JOMBANG

Maharani Putri Sobari, Wasis Wasis

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Telkom Akses Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh karyawan PT. Telkom Akses Jombang dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 35 karyawan Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan Structural Equation Model (SEM) untuk menguji hipotesis dan mengidentifikasi hubungan antar variabel, serta pengujian hipotesis melalui uji t, uji F, dan uji dominan untuk menentukan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan perusahaan. Lingkungan kerja yang aman dan sehat mendorong karyawan untuk bekerja lebih nyaman dan produktif, sedangkan komunikasi yang baik antara karyawan dan atasan membantu mereka memahami tugas dan tanggung jawab dengan lebih jelas, sehingga kinerja karyawan menjadi lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, perhatian terhadap K3 dan membangun komunikasi yang baik dianggap penting untuk meningkatkan kinerja karyawan di PT. Telkom Akses Jombang. Berdasarkan hasil Hipotesis uji F, variabel keselamatan dan kesehatan kerja (X1) dan komunikasi (X2) memiliki nilai F hitung < F tabel sehingga variabel keselamatan kerja dan kesehatan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan. Selain itu, berdasarkan nilai Adjusted R Square, diketahui bahwa variabel keselamatan kesehatan kerja (X1) dan komunikasi (X2) memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 0,186 (18,6%), dan sisanya sebanyak 84,9% dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Komunikasi, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angin, W, I. P. P. (2021). Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja Dan keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(6), 1-16.

Bernardin, J. H., & Russel, J. E. (1993). Human Resource Management: An. Experiental Approach. New York: McGraw-Hill.

Colquitt, J. A., Lepine, A. J., & Wesson, J. M. (2011). Organizational Behavior. New York: Mc. Graw Hill.

Elphiana E.G, dkk. (2017). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pertamina Ep Asset 2 Prabumulih. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 1(2), 103-118.

Goldhaber, Gerald M. (1986). Organizational Communication, 4th edn. New York: Wm. C. Brown.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Sakti, F. A. (2022). Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), Kompensasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Aryana Sinar Abadi. Jurnal Riset Ilmu Akuntansi, 1(2), 86-104.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP. YKPN.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maulana, V. A. (2020). Pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (k3) terhadap kinerja petugas. KINERJA, 17(2), 270-277.

Mathis, R. L & Jackson, J. H. (2006). Human Resource Managemen (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Nisak, D.K & Isharijadi (2017). Pengaruh K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT PLN (Persero) Area Ponorogo. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 5(1), 633-645.

Pertiwi, dkk. (2022). The Influence of Occupational Health And Safety (K3) And Work Motivation On Employee Performance (Study on Kalimas Port at PT. Pelindo III Surabaya). Journal Of Economy, Accounting and Management Science, 4(1), 66-79.

Putra, dkk. (2019). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Pekerja Proyek Konstruksi Pada PT. Jaya Kusuma Sarana. Graidien, 11(2), 49-75.

Rajagukguk, dkk. (2022). The Effect Of Occupational Health And Safety (K3), Communication And Leadership Style On Employee Performance At PT. Perkebunan Nusantara III (PERSERO) Medan. Jurnal Ekonomi, 11(01), 248–254.

Reskiputri, T. D & Romadhoni, R. (2019). Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Turnover Intention Terhadap Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 145-154.

Rivai, V, dan Mulyadi, D. (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siahaan, Hinsa. (2007). Manajemen risiko: konsep, kasus, dan implementasi (Cet. 1). Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Soelton, M. & Budiyanti, L. (2017). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Tripari Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(2), 137-149.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.