IMPLIKASI KEBIJAKAN PERATURAN REKTOR INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG PERATURAN AKADEMIK TERHADAP TATA TERTIB MAHASISWA

Farida Nur Hidayah, Akbar Taufik Amrullah, Yustina Fitriani

Abstrak


Tata kehidupan kampus pada bab IV pasal 8 ayat 1 (b) dan pasal 2 Peraturan Rektor ITK Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Peraturan Akademik ITK menjelaskan tercapainya tata tertib kehidupan kampus dengan menjalankan tertib sopan santun dalam lingkungan kampus. Secara implisit, pasal tersebut menimbulkan legal gap yang berdampak pada makna pemahaman yang beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implikasi kebijakan Peraturan Rektor Institut Teknologi Kalimantan Nomor 5 Tahun 2020 untuk mencegah terjadinya legal gap akibat ketidaksesuaian standar kualitas sebuah kebijakan yang harus berjalan secara seimbang antara das sein dan das sollen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method) dengan spesifikasi penelitian analitis desktiptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 370 responden mahasiswa ITK melakukan pelanggaran menyontek yaitu sebanyak 15%, membuang sampah tidak pada tempatnya sebanyak 8%, aksi vandalisme fasilitas kampus sebanyak 6%, plagiarisme sebanyak 6%, melakukan tindakan kekerasan (kekerasan seksual, fisik/verbal) sebanyak 3% , serta tidak menggunakan tata krama/tata bahasa yang sopan di lingkungan kampus sebanyak 2%. Berdasarkan data tersebut, kebijakan Peraturan Rektor No 5 Tahun 2020 tentang tata tertib kehidupan kampus secara implisit masih belum tercapai, meskipun pelanggaran plagiarisme yang dilakukan mahasiswa menduduki peringkat ke-4. Berdasarkan hasil wawancara, mahasiswa ITK kurang memahami aturan plagiarisme yang terdapat pada Peraturan pelanggaran mahasiswa yang diatur dalam Peraturan Rektor No 12 Tahun 2019 Tentang Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa beranggapan bahwa dengan mencantumkan sumber pustaka, tidak dianggap sebagai plagiarisme. Adanya evaluasi pada kebijakan yang ada dapat menciptakan kebijakan yang sesuai dengan das sein dan das sollen.

Kata kunci: Implikasi, Kebijakan, Peraturan, Tata Tertib, Mahasiswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lutfian., Rose Fitria. 2020, Urgensi Materi Bela Negara Dalam Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi. Vol. 4, Ed.2, Civic- Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya.

Taufiqurakhman. 2014, Kebijakan Publik, Pendelegasian Tanggungjawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Vol. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo.

R.S., Anugrance Citra, Mufarohah., Azmil, Angelina., Deira. 2023, Peranan Tata Tertib Universitas dalam Menanamkan Perilaku Disiplin Mahasiswa. Vol. 5, Ed.1, Civic Education And Social Science Journal (CESSJ).

Handayani., I Gusti Ayu Ketut Rachmi. 2015, Formulasi Legislative Drafting yang Ideal dalam Rangka Mewujudkan Negara Hukum yang Demokratis dan Menjunjung Nilai-Nilai Lingkungan. Vol. 22, Ed.3, Jurnal Hukum Ius Quia Iustum.

Sukananda., Satria. 2018, Pendekatan Teori Hukum Progresif Dalam Menjawab Permasalahn Kesenjangan Hukum (Legal Gap) Di Indonesia. Vol.1, Ed.2, Jurnal Ekonomi Hukum Syariah.

Flora., Henny Saida. 2019, Etika dan Tata Tertib Mahasiswa, Vol. 4, Ed.2, Jurnal Law Pro Justitia.

Rianto., Hadi, Yuliananingsih. 2022, Pemahaman Tentang Tata Tertib Mahasiswa. Vol. 2, Ed.1, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak.

Suryono., Ign Agus, Sudaryati, Kussujaniatun., Sri, Hartati., Anis Siti. 2019, Pembentukan Karakter Kedisiplinan Mahasiswa Dengan Manajemen Kelas. Monograf. Universitas Veteran Pembangunan Yogyakarta.

Bahar., Moh. Syaeful. 2020, Legal Gap : Pertentangan Hukum Masyarakat Dan Hukum Negara. Vol.10, Ed.1, Al- Daulah : Jurnal Hukum Dan Perundang - Undangan

Peraturan Rektor ITK Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Peraturan Akademik ITK

Peraturan Rektor ITK No 12 Tahun 2019 tentang Tata Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa ITK.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.