PERAN LITERASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DARING

Halimah Halimah, Zuliaden Jayus

Abstrak


Online adalah akronim dari jaringan, yaitu aktivitas yang dilakukan menggunakan sistem online yang memanfaatkan internet.Hal ini diwujudkan dalam keliru satu bentuknya yaitu pembelajaran daring yg artinya program untuk menyelenggarakan kelas pembelajaran secara daring untuk menjangkau kelompok sasaran yang masif dan luas. dunia pendidikan tentunya tidak terlepas dari efek revolusi industri 4.0, terdapat banyak banyak adaptasi yang harus dilakukan menggunakan perkembangan industri 4.0 ini. Pembelajaran yang mengacu pada era digitalisasi semakin digalakkan. tetapi, hal ini pula sebagai dilema, yaitu mahamahasiswa yang belum bisa beradaptasi menggunakan aneka macam kecanggihan perangkat lunak yang ada. Pembelajaran dengan memakai literasi teknologi harus diarahkan pada literasi yang bermanfaat. Literasi teknologi bukan hanya sekedar memakai teknologi buat hal-hal yg tidak penting. menggunakan literasi teknologi, diharapkan mahasiswa bisa mempunyai kemampuan literasi teknologi yang lebih bermanfaat dalam hal pembelajaran. Pembelajaran pada era revolusi industri industri membutuhkan adaptasi berasal berbagai pihak. Dosen dan mahamahasiswa wajib selalu belajar tentang teknologi modern untuk mendukung pembelajaran terkini. Literasi teknologi sangat penting untuk pembelajaran online di era revolusi Industri 4.0. kiprah teknologi artinya buat memudahkan proses pembelajaran menggunakan tidak membatasi ruang dan ketika pembelajaran.

Kata kunci: literasi teknologi, pembelajaran online


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, Latip. Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi Dan Teknologi 1, no. 2 (2020): 108–9. https://www.researchgate.net/profile/Abdul_Latip/ publication/341868608_PERAN_LITERASI_TEKNOLOGI_ INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_PADA_PEMBELAJARAN_JARAK_JAUH_DI_MASA_PANDEMI_COVID-19/links/5ed773c245851529452a71e9/P ERANLITERASI-TEKNOLOGI-INFORMASI-DANKOMUNIKASI.

Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif .Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada Pusat.

Meylan, Saleh. Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. 2020. 51. http:// proceedings. ideaspublishing.co.id /index.php/ hardiknas/ article/view/8/8.

Unik, Dkk. Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. Http://Ojs.Diniyah.Ac.Id/Index.Php/Al-Mutharahah. 2020. Vol. 17 No. 2. JuliDesember 2020.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.