PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS WEB-BLOG PADA PESERTA DIDIK MTS ARIFAH GOWA

Ahmad Suryadi, Jumartindah Jumartindah, Asmah Amir

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis web-blog dan respon peserta didik MTs Arifah Gowa terhadap bahan ajar berbasis web-blog. Proses pengembangan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis web-blog dilaksanakan pada peserta didik MTs Arifah Gowa kelas VII.1 yang berjumlah 28 orang siswa. Proses pengembangan merujuk pada model pengembangan Borg dan Gall Hasil pengembangan menunjukkan: bahwa respon siswa terhadap modul berbasis web-blog adalah positif atau mendapat respon baik. nilai rerata respon siswa terhadap modul berbasis web-blog 3.24, dari skor ideal 4. Penilaian terhadap format bahan ajar dan media 3.16, aspek bahasa 3,26, aspek isi 3,31 dan aspek penyajian 3.26. Implikasi penelitian telah menghasilkan web-blog yang berisi bahan ajar berupa modul serta beberapa jurnal yang dihubungkan dengan web-blog tersebut.

Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Web Blog


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Borg, Walter R. dan Meredith Damien Gall, Educational Reserch an Introduction New York: Longman, 1983.

Muhammad Yaumi, 2011, Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran, Lentera Pendudikan, Vol. 14, No. 1.

Prawiradilaga, Dewi Salma. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Interpratama Mandiri,2013.

Prawiradilga, D.S. 2014. Wawasan Teknologi Pendidikan, Kencana, Jakarta.

Purmadi, Ary dan Herman Dwi Surjono, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Adaftif Berbasis Web Based Learning pada Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Teknik Bangunan”, Inovasi Teknologi Pendidikan 3, no. 2, 2016.

Rahmah, Siti Zainatur. “Pengembangan Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam Di SMAI Surabaya Pada Materi Ikatan Kimia”, Pendidikan 2, no 1, 2017.

Rudi Hidayat dkk, 2007, Teknologi Informasi Komunikasi SMA/MA untuk kelas XI, Erlangga, Jakarta.

Sari, Ratna Almira. “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Web-blog untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI”. Pendidikan Kimia 3, no. 2 Tahun 2014.

Seels, Barbara B., Richey Rita C, 1994, Teknologi Pembelajaran: Defenisi dan Kawasannya. Terj. oleh Dewi S. Prawiradilga, Raphael Rahardjo, Yusuf Hadi Miarso, Univ. Negeri Jakarta, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.