FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) DI GAMPONG ULEE TUTUE KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE

Multazam Muna, Julia Julia, Hamdani Hamdani

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat dalam pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) gampong Ulee Tutue Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie, dari bulan Maret sampai dengan bulan Juli 2023. Gampong Ulee Tutue mengalami masalah terkait tentang pendistribusian BPNT yaitu tepat sasaran, tepat kualitas dan jumlah, tepat waktu, tepat harga dimana hal ini mengindikasikan bahwa telah ada penyimpangan yang mempengaruhi pendistribusian BPNT sehingga berdampak terhadap kepuasan masyarakat penerima BPNT. Populasi dalam enelitian ini berjumlah 25 orang, sedangkan sampel dari penelitian ini yaitu seluruh populasi dijadikan sampel, sebanyak 25 responden penerima BPNT. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda melalui bantuan program SPSS. Skala pengukuran variabel menggunakan skala likert denagn lima rentengan. Berdasarkan hasil output SPSS V. 21. Pada variabel tepat sasaran diperoleh nilai t hitung sebesar 0,634, selanjutnya pada variabel tepat jumlah dan kualitas nilai t hitung sebesar 1,182, pada variabel tepat waktu dan tepat harga nilai t hitung masing-masing sebesar 0,133, sedangkan pada variabel tepat administrasi nilai t hitung diperoleh 2,164. Berdasrkan nilai t hitung dapat diambil kesimpulan semua variabel mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat yang artinya masyarakat merasa puas dengan pendistribusian BPNT.

Kata kunci: Tingkat Kepuasan, Pendistribusian, BPNT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(1) Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta.

(2) Anang Firmansyah. 2018. Perilaku Konsumen Sikap Dan Pemasaran. Yogyakarta.

(3) Badan Urusan Logistk. 2012. Perkembangan Realisasi Beras Miskin. Jakarta: Bumi Aksara.Febrianti Tina, dkk. 2018.

(4) Dedi Amrizal dkk. 2018. Penanggulangan Golput Dalam Pelaksanaan Pemilu Legislatif Dan Pilkada. Medan: Lembaga Penelitian dan PenulisanIlmiah Aqli, 2018.

(5) Eko Yudianto. 2019. Implementasi Progran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kecemataan Kanigaran Kota Probolinggo.

(6) Nur Halimah, 2019. Pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perspetif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus Di Dusun Gempolan RT.17 Desa Tegaldowo Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen). Skripsi: IAIN Surakarta.

(7) Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

(8) Surya Dailiati. 2018. Kebijakan Retribusi Kebershan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Surabaya: CV Jakad Publishing.

(9) Yofian Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kecana Prenadamedia Group.

(10) Wiratna Sujarweni. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.