PERSPEKTIF GENERASI MUDA TERHADAP WIRAUSAHA PERTANIAN DI GAMPONG ULEE TUTUENG KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE

Munazir Munazir, Junaidi Junaidi, Ibnu Yasir

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perspektif generasi muda terhadap wirausaha pertanian di Gampong Ulee Tutue Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie, dari bulan Maret sampai dengan bulan Juli 2023 Pembangunan pertanian ini akan terus berlangsung apabila ada masyarakat yang bekerja di sektor pertanian dan tercipta regenerasi petani. Ketika ada regenerasi petani otomatis ada petani muda yang tetap bekerja di sektor pertanian dengan masukan inovasi-inovasi teknologi yang terus berkembang sehingga tetap ada yang meneruskan di sektor untuk menghasilkan pangan. Namun ketika tidak ada regenerasi petani maka nantinya bisa menyebabkan terjadinya krisis pangan. Berdasarkan data di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Peukan Baro menyatakan bahwa pada umumnya proporsi tenaga kerja yang bekerja di bidang pertanian kebanyakan berada pada kategori umur tua (>40 tahun) padahal potensi pertanian sangat mendukung.  Populasi dalam pengkajian ini adalah 25 orang generasi muda yang berusia 19 - 39 tahun ,sedangkan Sampel dalam penelitian ini terdiri dari keseluruhan populasi yaitu 25 orang generasi muda. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis korelasi Rank Spearman menggunakan bantuan SPSS. Variabel usia berpengaruh terhadap perspektif generasi muda terhadap wirausaha pertanian dengan nilai t hitung variabel usia sebesar 0.899. Variabel luas lahan tidak berpengaruh terhadap perspektif generasi muda terhadap wirausaha pertanian dengan nilai t hitung variabel luas lahan sebesar 0.711 dengan nilai signifikasi 0.486 > 0,05.  Variabel pendapatan berpengaruh terhadap perspektif generasi muda terhadap wirausaha pertanian dengan nilai t hitung variabel pendapatan sebesar 0.658. Variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap perspektif generasi muda terhadap wirausaha pertanian dengan nilai t hitung variabel lingkungan keluarga sebesar 0.021. Variabel image pertanian tidak berpengaruh terhadap perspektif generasi muda terhadap wirausaha pertanian denganm nilai t hitung variabel lingkungan keluarga sebesar 0.614 dengan nilai signifikasi 0.546 > 0,05. 

Kata kunci: Tingkat Kepuasan, Pendistribusian, BPNT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(1) Agustina D. 2011. Persepsi dan Motivasi Berperan Serta dalam Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) (Kasus: Peserta Posdaya Mandiri Terpadu di RW 01, Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor)Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

(2) Ajuan, Erlina, Supriadi. 2015. Analisis Peran Pemuda terhadap Pembangunan Pertanian Lahan Pangan Berkelanjutan di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal.

(3) Badan Pusat Statistik. 2013. Berita Resmi Statistik. Hasil Sensus Pertanian 2013 (Angka Sementara). Jakarta : Badan Pusat Statistik Indonesia.

(4) Chandra D. 2004. Persepsi Pemuda Desa Terhadap Pekerjaan Di Sektor Pertanian dan Minat Bekerja Di Kota.Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

(5) Faridah K. 2007. Dari Ekonomi Pertanian Ke Ekonomi Industri (Sejarah Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kubangwungu Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun 1969-2000).Skripsi.

(6) Lokollo EM, Rusastra IW, Saliem HP, Supriyati, Friyatno S, Budi GS. 2007. Dinamika Sosial Ekonomi Pedesaan: Analisis Perbandingan Antar Sensus Pertanian. Makalah Seminar Hasil Penelitian.

(7) Maria U. 2007. Peran Persepsi Keharmonisan Keluarga dan Konsep Diri terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja.Tesis.http://www.damandiri.or.id/file/ Tesis_Ulfah Maria.pdf.

(8) Muksin. 2007. Kompetensi Pemuda Tani yang Perlu Dikembangkan di Jawa Timur Disertasi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

(9) Pratomo S. 2010. Analisis Peran Sektor Pertanian Sebagai Sektor Unggulan Di Kabupaten Boyolali Tahun 1998-2008. skripsi.

(10) Robbins SP. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta : Erlangga

(11) Yoshinta. 2015. Persepsi Remaja terhadap Pekerjaan di Sektor Pertanian Padi Sawah di Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.Skripsi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.