PHYSICS DEMONSTRATION VIDEOS ON YOUTUBE (PDVY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EKSPERIMEN
Abstract
Fisika merupakan rumpun ilmu sains yang mempelajari fenomena alam berdasarkan fakta, hasil pemikiran dan hasil eksperimen sehingga menjadi konsep, prinsip, hukum dan teori. Dalam mempelajari fisika diperlukan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dapat menghasilkan pemahaman yang lebih baik, meningkatkan minat belajar dan meningkatkan keterampilan peserta didik. Salah satu pembelajaran fisika yang melibatkan peserta didik secara aktif adalah pembelajaran fisika berbasis eksperimen. Saat ini, pembelajaran fisika berbasis eksperimen dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi seperti simulasi, video, sensor digital, virtual reality, dan lainnya. Hal tersebut dapat dilakukan sebagai solusi permasalahan dari kurangnya fasilitas laboratorium untuk melakukan eskperimen secara langsung. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan physics demonstration on videos YouTube (PDVY) sebagai media pembelajaran fisika berbasis eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif menggunakan instrumen angket dan melibatkan 107 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa (1) pembelajaran fisika berbasis eksperimen ini jarang dilakukan karena sebagian besar responden menyatakan hanya 1 kali dalam masa pembelajaran, (2) pembelajaran fisika berbasis eksperimen dengan memanfaatkan teknologi sudah dilakukan dan media yang banyak digunakan adalah PDVY, (3) PDVY dapat dinyatakan memadai sebagai media pembelajaran fisika berbasis eksperimen karena dapat membantu dalam memahami konsep, memberikan gambaran prosedur eksperimen, mengidentifikasi variabel dan besaran fisis pada eksperimen, meningkatkan minat belajar dan mudah diakses.
Kata kunci: Eksperimen, Media Pembelajaran Fisika, Physics Demonstration on Videos YouTube
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Yolanda, S.E., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol 5(2) DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393
Ramadani, E.M., & Nana, N. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol 8(1) p-ISSN 2338-3240, e-ISSN 2580-5924.
Sidik, R., Mulyaningsih, N.N., & Astuti, I. A. D. (2021). Development of Predict-Observe-Explain (POE)-Based Physics Module by Utilizing QR Code and YouTube Learning Videos. Nucleus Vol 2 (2) https://doi.org/10.37010/nuc.v2i2.447.
Halmuniati, dkk. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 6(4), 332-340. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27199.
Faiza, C. R, dkk. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Youtube Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 7(1).
Anam, A., Wati, W., & Asiah, N. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Channel Youtube Berbantu Aplikasi Powtoon Pada Materi Suhu Dan Kalor. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher Vol 1 (1) (2020) 19-28.
Irvani, A.I., & Warliani, R. (2022). Development of Physics Demonstration Videos on Youtube (PDVY) as Physics Learning Media. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(1), 1-12. https://doi.org/10.15294/jpif.v18i1.26723.
Mardiana, N. & Kuswanto. (2017). Android Assisted Physics Mobile Learning to Improve Senior High School Students’ Divergent Thinking Skills and Physics HOTS. AIP Conference Proceedings, 1868(3), 1-12.
Rizaldi, D.R., Jufri, A.W., & Jamaludin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5 (1), ISSN (Print): 2502-7069; ISSN (Online): 2620-8326
Hafizah, S. (2020). Penggunaan dan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 8(2), p-ISSN: 2337-5973, e-ISSN: 2442-4838
Nurwulan, N., Nugraha, M.F., & Hendrawan, B. (2020). Improving Learning Outcomes of 2nd Grade Students Through Video-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 4(3), 406-413.
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(2), 133-141. https://doi.org/10.24036/jep/vo13-iss1/367.
Rasi, P. M., & Poikela, S. (2016). A review of video triggers and video production in higher education and continuing education PBL settings. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, Vol 10(1), ISSN 1541-5015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.