PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI SMASH BOLA VOLI
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang kurang selama proses pembelajaran PJOK menyebabkan rendahnya motivasi siswa dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran PJOK berbasis audio visual pada materi Smash Bola Voli di kelas IX SMP Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Sugiyono Level 3 yang dimana pada model pengembangan level 3 ini peneliti melakukan penelitian untuk mengembangkan (merevisi) produk yang telah ada, membuat produk revisi dan menguji keefektifan produk tersebut . Prosedur pengembangan yang akan di lakukan ini memiliki langkah langkah yaitu terdiri dari 10 langkah yaitu 1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi masal, dan karena keterbatasan waktu dan alat jadi peneliti hanya melakukan pengembangan hanya sampai di langkah ke 8.Validasi pengembangan media pembelajaran ini yaitu uji validitas ahli isi/materi pembelajaran, uji validitas ahli desain media pembelajaran, dan uji validitas ahli media pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner secara online melalui aplikasi Google Drive dan WhatsApp. Hasil analisis data berdasarkan tanggapan ahli isi/materi pembelajaran memperoleh presentase 94,6% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran memperoleh presentasi 92% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli desain media pembelajaran memperoleh presentase 93% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pembelajaran PJOK berbasis Audio Visual pada materi Smash Bola Voli kelas IX SMP Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Bola VoliFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adresta, R. A., & Candra, O. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Free Throw Bola Basket Melalui Media Audio Visual. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 259–269. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pjkr/article/view/311.
Arwanda, N. P., Kresnapati, P., & Widyatmoko, F. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket Kelas Xi Sma Negeri 15 Semarang Tahun Ajaran 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 2(1), 55–63. https://doi.org/doi.org/10.53869/jpas.v2i1.82.
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 261 — 267. https://doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540.
Budi, B. A. S., & Prihanto, J. B. (2014). Penggunaan Media Audiovisual Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 612–616.
Candra, O. (2017). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Keterampilan Lay Up Shoot Bola Basket Pada Siswa Puteri Kelas VIII Di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Journal Sport Area, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(1).452.
Dewi, N. L. A. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Teknik Dasar Bulutangkis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja, 8(2).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Farman, & Chairuddin. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Teorema Pythagoras. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 872–882. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3114.
Fatoni, R. A., Suroto, & Indahwati, N. (2017). Pengaruh aktivitas fisik program gross motor skill terhadap indeks massa tubuh dan tingkat kebugaran jasmani. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1–10).
Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Persepsi Pembelajar terhadap Media Kamus Tematik Berbasis Web bagi Pembelajar Kosakata bahasa Jepang Tingkat Dasar. CHI’E: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 8(1), 25–32. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.35752.
Febryanto, F. N. (2015). Pembelajaran Lay Up Shoot Menggunakan Media Audio Visual Basic Lay Up Shoot Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Lay Up Shoot Pada Siswa Kelas Viiia Smp Kanisius Pati Tahun 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(1), 1509–1521. https://doi.org/10.15294/active.v4i1.4548.
Fikriyah. (2015). Media Berbasi Proyek Disertai Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Fisika di SMA N 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181 – 184.
Gregorius, R. M. (2017). Performance of Underprepared Students in Traditional Versus Animation -Based Flipped -Classroom Settings. Chemistry Education Research and Practice, 18(4), 841–848. https://doi.org/10.1039/c7rp00130d.
Hanief, Y. N., Mashuri, H., & Subekti, T. B. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga JPJO, 3(2), 161–166. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414.
Heri Rustanto. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 75 – 86. https://doi.org/10.31571/jpo.v6i2.668.
Husmah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumaryono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Iqbal, M. (2015). Hubungan Antara Daya Ledakototlengan, Kelentukan Pinggang Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Lempar Lembing. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 14(1), 21–35. https://doi.org/10.20527/multilateral.v14i1.2467.g2168.
Jalil, M., Ngabekti, S., & Susilowati, S. M. E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604.
Harmianto, D. S., Taniredja, P. D. H. T., & Miftah Faridli, M.Pd., E. (2011). Buku Model Pembelajaran.pdf. In Model-model Pembelajaran Inovatif.
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Mengajar, G., Pembelajaran, G. P., & Jasmani, P. (2016). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Melalui Gaya Mengajar Guided-Discovery Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Melalui Gaya Mengajar Guided-Discovery Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, 1(2), 34–42.
Nurjanah, S., & Adman, A. (2018). Analisis Gaya Mengajar Guru Korespondensi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 18. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11760
Paryanto, R., & Wati, I. D. P. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143–154.
Sampurno, H. W., & Suryadi, S. (2020). Perbandingan Gaya Mengajar Komando Dengan Gaya Mengajar Diskoveri Terhadap Hasil Belajar Menembak (Shooting) Dalam Pembelajaran Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 71. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1643
Saputra, S. Y., Suarti, N. K. A., & Isnaini, I. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Putra Kelas VII SMPN 1 Gerung Lombok Barat. Jurnal Porkes, 2(1), 6–12. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i1.1449
Wright, A., & Brandom, A. M. (2005). Learning to teach religious education in the secondary school: A companion to school experience. In Learning to Teach RE in the Secondary School: A Companion to School Experience. https://doi.org/10.4324/9780203976326
Refbacks
- There are currently no refbacks.