MINAT BELI DAN PERSEPSI MASYARAKAT SERTA PENDAPATAN PEDAGANG PADA RELOKASI PASAR KARTINI PEUNAYONG KE PASAR AL-MAHIRAH LAMDINGIN KOTA BANDA ACEH

Kiki Putri Amelia, Suryafatma Suryafatma, Melvi Havizatun

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan minat beli, persepsi masyarakat, serta pendapatan pedagang pasca dilakukannya relokasi dari Pasar Kartini Peunayong ke Pasar Al-Mahirah Lamdingin. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data melalui penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dengan cara observasi pada objek penelitian serta wawancara responden dan untuk memperoleh data sekunder dilakukan dengan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya relokasi pasar, minat beli masyarakat menjadi menurun hal ini dikarenakan pembeli yang mengeluhkan jarak lokasi yang terlalu jauh apabila dibandingkan dengan Pasar Kartini Peunayong, sehingga pembeli harus mengeluarkan biaya operasional untuk transportasi yang semakin banyak. Selain itu, masyarakat pada umunya masih mempersepsikan kondisi Pasar Al-Mahirah masih belum tergolong sempurna. Sehingga hal ini menyebabkan pendapatan pedagang pasca relokasi menjadi menurun sebanyak 40%-60%. Pemerintah Kota Banda Aceh dapat memperhatikan keluhan masyarakat, seperti segera menyempurnakan kondisi dan lingkungan sekitar Pasar Al-Mahirah Lamdingin agar masyarakat merasa nyaman saat berbelanja. Yang mana nantinya hal tersebut dapat meningkatkan minat beli masyarakat serta persepsi masyarakat terhadap relokasi pasar ini menjadi baik. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan para pedagang. Karena bagaimanapun pasar merupakan tempat atau penyedia kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat sehari-hari.

Kata Kunci: Relokasi, Minat Beli, Persepsi, Pendapatan Pedagang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andreas Yuniman. (Online) Analisa Perkembangan Pasar. Alvailabe at: URL:www.bibsonomi.org.

Ayu Setyaningsih. (2016). Dampak Sosial Ekonomi Relokasi Pasar Satwa kasus Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta, Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Burhan Mungin. (2013). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Blog Pendidikan Indonesia. (Online). Alvailabe at: http// ukulele.co.nz/2021. Diakses: 1 November 2021.

Eirleni Rastianti Utami Putri. (2016). Dampak Penataan Kawasan Simpang Lima Kota Semarang terhadap Pendapatan Pedagang Makanan, Fakultas Ekonomi, Jurusan Ilmu Ekonomi dan studi Pembangunan(S1).

Moh.Syafii Antonio. (2010). Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Muhammad Nasir. (Online). Alvailabe at: https://aceh.tribunnews.com/2021/05/08/pedagang-menolak-direlokasi-aminullah-usman-relokasi-pasar-untuk-penataan-kota.

P. Joko Subagyo. (2011). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2013) Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.