PENGARUH PENGGUNAAN E-GOVERNMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI PADA DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN ACEH (DISKOMINFO ACEH)

Husnaina Mailisa Safitri, Agus Ariyanto, Fathul Khaira, Afifah Humaira

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-Government terhadap kinerja organisasi pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 karyawan. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini disajikan berdasarkan tujuan penelitian. Tingkat kepercayaan yang digunakan adalah 95%, sehingga batas tingkat ketelitian atau ketidaktepatan adalah (α) = 5% = 0,05. Dan menghasilkan nilai t-tabel sebesar 1,96. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi. Manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Government. E-Government berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja organisasi dan sedangkan manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Goverment pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh. Untuk pimpinan pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh agar dapat meningkatkan situs web. Sebaiknya pimpinan mengarahkan pegawai dan masyarakat untuk menggunakan situs web dan mengupdate informasi yang ada di situs web, mengarahkan pegawai pada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Aceh untuk menggunakan situs web independennya dan pimpinan perlu menetapkan standar mutu dalam penggunaan berkomunikasi dengan masyarakat, agar masyarakat lebih mudah berkomunikasi dengan pimpinan/pejabat.

Kata kunci: E-Government, Kinerja Organisasi dan Manajemen Pengetahuan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Dwiyanto. (2008). Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Alvarenga, A., Matos, F., Godina, R., & CO Matias, J. (2020). Digital transformation and knowledge management in the publicsector. Sustainability, 12(14), 5824. https://www.mdpi.com/2071- 1050/12/14/5824

Baron, Reuben M. dan David A. Kenny. 1986. The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology. 51(6): h: 1173-1182.

Bastian, Indra. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: CV. Erlangga.

Chin. (2003). Partial Least Squeres for Reseaers: an Overview and Presentation of Recent Advances Using the PLS Approach. www.bauer.uh.edu/plsgraph/plstalk.pdf.

Dahlan S. (2008). Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ghozali, Imam (2011). Structural Equition Modelling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square PLS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Intezari, Ali, (2017). Information and reformation in KM systems: Big data and strategic decision making. Journal Of Knowledge Management, Jurnal Internasional Emeral Insight Published ISSN: 1367-3270. (Online). (https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JKM-07-2015-0293/full/html,

Layne, K., dan Lee, J. W. (2008). Developing Fully Functional E-Government: A Four Stage Model. Government Information Quarterly, 18(2), 122-136.

Navik Puryantini, Rofikotul Arfati, Bambang Tjahjadi. (2017). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Organisasi Dimediasi Inovasi di Organisasi Penelitian Pemerintah. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia (BAKI), Vol. 02, No. 02 (2017): 21-38.

Sandrayani, N. M. D. F., Purwanto, A. J., & Rulinawaty, R. (2022). Pengaruh E Government Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (Asn) Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Jembrana. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(6), 191-203. https://jiemar.org/index.php/jiemar/ article/view/429

Singgih, S. (2011). Structural Equation Modeling (SEM) Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Graamedia.

Soleh, Alvin. (2011). Smart Knowledge Worker. Jakarta : KMPlus.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharso, W. (2016). Knowledge Management Layanan E-Government Berbasis Short Message Service, 1-8.

Sulis Tia Sari, Hafiz Elfiansya Parawu, Ahmad Harakan (2022). Pemanfaatan Electronic Government Di Dinas Komunikasi Informatika Statistik Dan Persandian Kabupaten Luwu. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), Volume 3, Nomor 4, Agustus 2022. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Yamin, Sofyan dan Heri Kurniawan. (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling : Aplikasi dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS. Salemba Infotek. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.