ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DESA PURISEMANDING

Yusuf Wibiosono, Rita Mutiarni

Abstrak


Kualitas sumber daya manusia yang belum memadai menjadi perhatian mendasar yang dapat menghambat kemajuan ekonomi nasional. Rendahnya kualitas sumber daya manusia juga akan menjadi batu sandungan dalam era globalisasi, karena merupakan era persaingan mutu. Jika bangsa Indonesia ingin berkiprah dalam percaturan global, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menata sumber daya manusia, baik dari aspek intelektual, spiritual, kreativitas, moral, maupun tanggungjawab.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Menciptakan budaya yang kuat yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan organisasi dapat meningkatkan efektivitas organisasi. Organisasi dengan budaya yang kuat akan menunjukkan kualitas tertentu yang dapat menarik orang untuk bergabung. Karena budaya yang kuat membantu karyawan melakukan pekerjaan dengan lebih baik, sangat penting bagi setiap karyawan untuk memahami budaya dan bagaimana penerapannya. Kinerja pegawai adalah hasil akhir dari kualitas dan kuantitas pekerjaan yang diselesaikan seorang pegawai selama melaksanakan tugasnya sesuai dengan kewajiban yang dibebankan kepadanya. Karyawan harus mengikuti kursus pelatihan atau kursus yang ditawarkan oleh sektor publik atau swasta untuk menguasai pekerjaan mereka. Yang tentu saja bergantung pada kemampuan dan pengetahuan yang diperoleh, untuk mencapai kinerja yang dibutuhkan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di lapangan, dapat dikatakan bahwa seorang pemimpin adalah seorang manusia super yang tangguh dan berkuasa karena kedudukannya yang sangat penting dalam suatu organisasi, yaitu sebagai faktor penentu tercapai atau tidaknya tujuan. 

Kata kunci: Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan, Karyawan Kantor Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aedah, N. (2017). Peran Dan Fungsi Kepemimpinan Informal Dalam Pemerintahan Kampung Di Kampung Waena Kota Jayapura. Jurnal Ekologi Birokrasi, 1-10.

Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Ambar T. Sulistiyani. 2003. Manajemen sumber daya manusia. Cetakan pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Anwar Prabu Mangkunegara 2005, Evaluasi kineja sumber daya manusia, Refika Aditama, Bandung

Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Damayanti, E. &. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 33-49.

Enung Fatimah. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Pustaka Setia

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta, Bandung Hasibuan Malayu Drs. Manajemen Sumber Daya manusia . cetakan ke-11, Bumi Aksara: Jakarta 2010

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Lukmiati, R. (2020). Pengaruh Work Life Balance terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekobis Dewantara, 46-50.

Muslim Hadi Larbiel, Pelayanan Publik konsep inovasi dan semangat anti korupsi.Kreasi Edukasi: Pekanbaru 2019

M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta : Ghalia Indonesia, 1996.

Muchdarsyah Sinungan. (2005). Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara Pasolong, Harbani.2010. Teori administrasi public. Alfabeta, bandung

Priyono dan Marnis. Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Publisher: Jakarta 2008

Sinungan, Muchdarsyah. (2003). Produktivitas Apa dan Bagaimana. Bandung: Bumi Aksara.

Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. PenerbitWidana.

Wartono, T. (2017). Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan. jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 41-55.

Wariati, 2015.“Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kabupaten Barito Timur”. Jurnal Wawasan Manajemen. Volume 3 No 3: jurnal Publikasi

Rizal, 2018.”pengaruh metode pelatihan dan materi pelatihan terhadap kemampuan kerja dan kinerja karyawan”. Jurnal admnistrasi bisnis, volume 62 No 2


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.