Pengaruh Model Latihan Berpasangan terhadap Kemampuan Passing Atlet Bola Voli Club KWFC pada Kec. Keumala Kabupaten Pidie
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Latihan Berpasangan Terhadap Kemampuan Passing Pada Atlet bola voli club KW FC Keumala Kabupaten “. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan latihan terhadap kemampuan passing dalam bola voli pada Klub KWFC Keumala. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah ingin mengetahui untuk proses tingkat latihan terhadap kemampuan passing dalam bermain bola vali pada Klub KWFC Keumala. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh atlet bola voli yang berjumlah 12 orang pemain. Sedangkan sampel diambil dari keseluruhan jumlah pemain KWFC Keumala (total sampel) 12 orang atlet. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengukuran terhadap 12 orang yang telah dinyatakan sebagai sampel yaitu dengan melibatkan langsung untuk menyelesaikan tes latihan terhadap kemampuan passing. Dengan demikian hipotensi yang berbunyi tingkat kemampuan passing memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan dalam bermain bola voli diterima. Tegasnya berdasarkan dengan bukti-bukti yang telah dikumpulkan menunjukan bahwa meodel latihan berpasangan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan passing dalam bermain bola voli yang signifikat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdulkadir Ateng, 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Jasmani.
ChaerulRachman & EdiWarsidi.2009. Membangun Disiplin Dal am Mendidik. Jakarta: CV. Putra Setia.
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan (2000), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakart
Komarudin, (2005), Kesehatan dan Olahraga, Jakarta, FK-UI.
Sanjaya, (2005), Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Depdikbud, Direktorat Pendidikan Tinggi Proyek Pembangunan Lembaga Pendidikan.
Soekarman, (2005), Dasar Olahraga Untuk Pembina, Pelatih dan Atlet, PT. Ida Ayu Press, Jakarta.
Hadi,sutrisno (1986).statistik.yogyakarta,yayasan penerbit : fakultas psikologi
,universitas gajah mada
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Universitas Jabal Ghafur (2010) PedomanPenulisanSkripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Gle GapuiSigli.
Y. Singgih D. Gunarsa. 2005. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Pandini, D. M. C. I. P. (2021). Kepercayaan Diri Atlet: A Literature Review. SATRIA: Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 4(1), 5-13.
Priyambodo, B., & Psi, S. A. S. (2019). Ketangguhan Mental Pada Atlet Ditinjau Dari Usia, Jenis
Kelamin, dan Pengalaman Bertanding (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).Nurhayati, M., Rustandi, E., & Sahudi, U. (2022).
Pelatihan Keterampilan Mental Bagi Pelatih Cabang Olahraga Bola Voli Di Kabupaten Majalengka. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 195-200.
Setiawan, E. (2022). Analisis Survei Tingkat Kecemasan Bertanding Atlet Bola Voli Pacitan Pada Porprov Jember Tahun 2022 (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Pacitan).
Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran Bandung: Falah Production.
Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press..
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta PT. Rineka Cipta.
Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabe
Suharno. (2013). Ilmu coaching umum. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta Press.
Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV Lubuk
Refbacks
- There are currently no refbacks.