ANALISIS PENARAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH SMA N 1 MUTIARA

Reva Maulia, Amirzan Amirzan, Nurmasyitah Nurmasyitah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMAN 1 Mutiara pada tahun ajaran 2024/2025. Kurikulum Merdeka Belajar, yang diterapkan untuk memberikan kebebasan bagi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan ruang bagi kreativitas, keterlibatan aktif, dan pengembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru PJOK dan kepala sekolah, serta analisis dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik untuk memahami penerapan kurikulum secara holistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Mutiara telah diterapkan dengan baik meskipun dihadapkan pada beberapa tantangan. Guru PJOK telah berupaya untuk merancang pembelajaran yang fleksibel, memberikan kebebasan dalam memilih materi, dan menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Meskipun begitu, beberapa hambatan ditemukan terkait dengan keterbatasan fasilitas pendukung, seperti alat olahraga yang kurang memadai, serta kurangnya pelatihan intensif bagi guru dalam menerapkan pendekatan kurikulum ini secara optimal. Siswa menunjukkan minat dan keterlibatan yang tinggi dalam kegiatan PJOK, yang mencerminkan keberhasilan implementasi kurikulum dalam membentuk pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan menyenankan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran PJOK di SMAN 1 Mutiara telah menunjukkan dampak positif terhadap motivasi dan keterlibatan siswa, namun masih memerlukan upaya lebih lanjut dalam hal pengadaan fasilitas dan pelatihan profesional bagi guru. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar kurikulum terus disempurnakan dengan memperhatikan keterbatasan yang ada serta meningkatkan kolaborasi antara pihak sekolah, pemerintah, dan masyarakat untuk mendukung pengembangan pendidikan yang lebih merdeka dan berkualitas

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com