PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT SISWA PADA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 1 KEUMALA TAHUN PELAJARAN 2022/20223

muhammad kalkausar

Abstrak


Penelitian yang berjudul “Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1

Keumala” , Permainan Game online atau sering disebut online games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun internet) berbasis elektronik dan visual yang menyediakan  server-server  tertentu  agar bisa dimainkan. Game online ini sangat digemari oleh siswa SD, SMP, dan SMA. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh game online terhadap minat belajar siswa XII SMA Negeri 1 Keumala Tahun Pelajaran 2022/2023? Tujuan dalampenelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswaXII SMA Negeri 1 Keumala Tahun Pelajaran 2022/2023 Manfaat dari penelitian ini adalahuntuk menambah referensi terhadap kajian terkait dengan candu game online dan memberikan masukan kepada pihak-pihak terkait dalam pelaksana pendidikan baik itu sekolah, guru , dan peneliti yang lain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa dari SMA Negeri 1 Keumala dan yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SMANegeri 1 Keumala yang berjumlah 45 orang siswa. Teknik analisis data pada penelitian iniyaitu Korelasi product-moment. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah  metode Ex-post facto. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan game online terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Keumala dari data yang di dapatkan berdasarkan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa hipotesis di terimakarna r hitung yang di peroleh yaitu 0,659 sedangkan r tabel

0,248 dengan signifikan 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa Ha di terima. Dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah di uraikan bahwa game online berpengaruh positifdan signifikan terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Keumala. Ini menunjukkan ada korelasi yang erat antara kedua variabel yang di korelasikan yakni semakin banyak waktu yang di gunakan untuk bermain game online maka semakin rendah minat belajar siswa dalam hal ini rata-rata waktu yang di gunakan untuk bermain game online berkisar tiga jam dan waktu yang di gunakan untuk belajar hanya seperlunya saja jika mendekati ulangan atau ujian semester.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abror, Abdul Ranchman. 2010.

PsikologiPendidikan.Yogyakarta

: Tiara Wacana

Arikunto, Suharsimi 2019. Prosedur penelitian . Jakarta: PTRineka Cipta.Broto, Suryo (2012) Manajemen dan Organisasi

Sekolah Rineka Cipta , Jakarta Aziz, ibnu.

Panduan praktis menguasai

internet. Yogyakarta:Citra Media.

Djaali. 2012. Pengukuran DalamBidang

Pendidikan. Jakarta

:Grasindo

Djamara, SyaifulBahri. 2015.

StrategiBelajarMengajar.Jakarta

:RinekaCipta

Ghozali, Imam. 2013. AplikasiAnalisis

Multivariate Dengan

Program SPSS Edisi Ketujuh.

Semarang: Badan Penerbit

Universitas Deponegoro Haruman.

Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.Bandung :PT. RemajaRosdakarya

Hurlock, B Elizabet. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. Jonathan Suwarno 2017

Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kwalitatif, Yoyakarta, Graha Ilmu Muhibin, Syah. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. Musika, 2009. „cerdasdengan game

online’. GramediaPusakaUtama.

Nawari. 2010. Analisis Regresi Dengan MS Excel 27 dan SPSS. Elex Media Komputindo. Neurmann,J.Von And O. orgenstern. 1953. Theory of games and economicbehavior. http//tutorialkuliah.blogspot.com/

/05/dasar-dasar- teori-

permainangame.html.28 januari2011. Nurkancana, wayan dan sunartana. 2021 (PDF). Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional

R.EIzzaty. 2008.Perkembangan Peserta

Didik : Yogyakarta : UnyPress

Rahmat. 2018.“ bermain game online”

web http// geeta.

Blogspot.Com. 28 januari 2018. Slametto.

Belajar Dan

Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya. Jakarta

:RinekaCipta.

Slametto. 2013. Hubungan kesiapan belajar s i s w a denganprestasi belajar.

Jakarta

:Rinekacipta.

Wasty Soemanto, 2012 Psikologi Pendidikan, Rieneka Cipta,Semarang Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suyanto, 2005. Konsep DasarAnak Usia Dini : Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 2004. Metoda statistika. Bandung:Tarsito

Sukadji, Soetarlina. 2000.

Penyusunan dan mengevaluasi laporan penelitian. Universitas Indonesia Press: Jakarta. http://skripsistikes.wordpress.com https://www.kompasiana.com/asr iani4215/5ff7f1098ede4818017214 72/.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sport Health Education : Jurnal Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Rekreasi

  • Published by: Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Jabal Ghafur
  • Alamat: Jl. Gle Gapui, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh 
  • Phone: +62 823-6755-9193
  • Email: fkip@unigha.ac.id atau she.jurnal@gmail.com