RANCANG BANGUN MESIN PENYANGRAI KACANG TANAH KAWANGWANGKOAN KAPASITAS 30-45 LITER BERBAHAN BAKAR LIQUEFIED PETROLEUM GAS

Kapli Dama, Moh. Fikri Pomalingo, Robert O.K Munaiseche

Abstrak

Kacang tanah Kawangkoan dikenal sebagai salah satu buah tangan dan jajanan khas Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk merancang atau memodifikasih mesin penyangrai kacang tanah Kawangkoan berbahan bahan bakar liquefied petroleum gas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka, dokumentasi, sumber data, dan pengolahan data. Hasil pengujian yang didapatkan mesin ini mampu meyangrai dengan waktu 6-10 menit dengan kapasitas kacang tanah 30 liter dan pasir 15 liter. Dalam proses penyangraian, suhu yang digunakan berasal dari nyala api tungku kompor semawar. Ketinggian api yang dihasilkan menacapai 15cm. Suhu yang dihasilkan pasir mencapai 190-2600C. Pengaturan suhu diatur oleh bukaan regulator yang terpasang pada tabung gas. Putaran ruang penyangrai bekisar 75 rpm. Peneliti berharap semoga penelitian ini dapat bermanfaat dan menjadi refrensi bagi pembaca karena pengguanaan mesin, mampu mempercepat proses penyangraian.
Kata Kunci : Kawangkoan, Mesin Penyangrai Kacang, LPG

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmad, Iwan Soenandi dan Christine Aprilia. 2013. “Peningkatan Kinerja Mesin dengan Pengukuran Nilai OEE pada Departemen Forging di PT. AAP”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol.1 No. 2 Hal.67-74. (5)

Anas, I & Novita S.A. (2016). Buku Kerja Praktek Mahasiswa (BKMP). Ekonomi Teknik. Payakumbuh : Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Ariyanti, S, Soekardi, C, Suhada, R.T, Pratama, W.Y. 2017. Rancang Bangun Mesin Penyangrai Kacang Tanah Pada Industri Mochi di Sukabumi. Jurnal Energi dan Manufaktur. 10(2) : 53-59. (7)

Baihaqi, M. 2020. Modifikasi Alat Penyangrai Kopi Tipe Rotary Drum dengan Pemutar Automatis Menggunakan Daya Motor Listrik. Skripsi. Universitas Syiah Kuala.

Edvan, B. T., Edison, R., dan Same, M. 2016. Pengaruh Jenis dan Lama Penyangraian pada Mutu Kopi Robusta (Coffea robusta). Jurnal Agro Industri Perkebunan, 4(1),31-40.

Heater. KINETIKA, 9(1), 20-25.

Herdian, F., Jabbar, R., Batubara, F., Zulnadi, Z., Anas, I., & Yudistira, Y. (2019). Rancang Bangun Alat Pengaduk Kerupuk Adonan Tipe Horizontal. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 3(1), 157-165.

Rusnadi, I. 2018. Prototif Alat Penyangrai Kopi Tipe Rotari.

Sarif, R., Afif, M., Ramadhan, G., Hendra, H., Irzal, I., Anas, I., & Djinis, M. (2018). Analisa Ekonomi dan Uji Kinerja pada Mesin Pencacah Daun dan Ranting Gambir Tipe Roller. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 2(1), 1-10.

Sjarkowi dan Sufri 2004. Definisi dan PengertianAgribisnis. Hhtp://wordpress.com. Diakses tanggal 5 oktober 2019, 22.10. (1)

Tambunan, T H. 2003. “Perkembangan Sektor Pertanian di Indonesia. Ghalia Indonesia, Jakarta. (1)

Winaya, I Nyoman S. 2008. Prospek Energi Dari Sekam Padi.