PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI

Rosalina Agustin, Ani Anjarwati, Adetegar Youliyan Primadani, Nailatul Hidayah

Abstrak


Artikel ini mengulas tentang metode pembelajaran yang digunakan di SDN Kalisalam I. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perencanaan dan pelaksanaan metode pembelajaran yang tepat seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan hasil yang diperoleh dijelaskan secara deskriptif. Adapun instrument penelitiannya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN Kalisalam 1. Proses pelaksanaanya dengan menerapkan metode demonstrasi yang mana metode belajar ini menggunakan benda atau bahan ajar ketika kegiatan belajar mengajar. Dampak yang terjadi ketika menggunakan metode ini adalah siswa menjadi lebih tertarik dengan apa yang diajarkan, fokus terhadap materi, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Kata kunci: Metode Demonstrasi, Kolaborasi, Sumber Energi, Siswa SD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074.

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345-2353.

Oktaviani, R. N. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257-276.

Haryati, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA Rangkaian Listrik Sederhana Di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 83-90.

Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., ... & Laili, R. N. (2022). Strategi pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Rahayu, A. P., Hidayati, D., Susilowati, S., & Jannah, F. B. F. (2022). Pembelajaran Interaktif Melalui Hybrid Learning Dengan Metode Demonstrasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(3), 326-336.

https://media.neliti.com/media/publications/439856-none-1ceec7d4.pdf




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.955

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: