PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD

Fathimatus Zahra, Mar'atus Sholeha, Karimah Aliyahtus Ibtihal, Regita Dwi Cahyati, Ani Anjarwati

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur. Pengumpulan literatur digunakan dalam bentuk buku, jurnal ilmiah, konferensi resmi, majalah, publikasi media, internet, dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model project based learning pada mata pelajaran IPA di SD memiliki banyak kelebihan sehingga dapat dijadikan pendidik sebagai opsi dalam memilih model pembelajaran. Hal tersebut selaras dengan kelebihan dari model Project Based Learning yang berupa: 1) meningkatkan motivasi; 2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah; 3) meningkatkan kolaborasi; 4) meningkatkan keterampilan mengelola sumber; dan 5) increased resource–management skill. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriana, J., dan Fitriani, A. (2016). “Penerapan Project Based Learning

Terintegrasi STEMUntuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kreativitas Siswa Ditinjau Dari Gender”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2): 202–212.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenamedia Group.

Fathullah Wadji. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) dan

Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17 (1), 81-97.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.945

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: