MENYIKAPI PERBEDAAN DALAM ISLAM SEBAGAI WUJUD TOLERANSI UMAT BERAGAMA

Ine Ratu Fadliah

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya berita bohong di media sosial dan internet yang bermaksud untuk memecah belah integrasi bangsa dan mengoyak perilaku dalam menjalankan ajaran islam, hal itu menjadi sumber dari radikalisme yang terus tumbuh dan menjamur dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyikapi perbedaan dalam islam sebagai wujud toleransi umat beragama. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini penggunaan internet menjadi kebutuhan utama masyarakat. Oleh karena itu, literasi beragama dengan internet adalah bagian yang tidak boleh dinihilkan dalam kehidupan beragama, sehingga ada kontrol yang bisa dijadikan sebagai rujukan oleh masyarakat dalam memahami agar tidak tersesat dengan aliran yang dilarang oleh agama. Karena berita bohong atau hoax di media sosial dan internet tidak jarang bermaksud untuk  memecah  belah  integrasi  bangsa  dan  mengoyak ajaran agama, hal itu menjadi sumber dari radikalisme yang terus tumbuh dan menjamur dalam kehidupan masyarakat digital.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ad-Damsyiqi. (1997). Tafsir al-Qur’an al- ‘Adzim, Juz. VII. Beirut: Darul Fikr.

Ad-Dimasyqi. (2002). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Bandung: Sinar Baru al-Gensindo.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Firdaus. (2015). Konsep Al-Rububiyah (Ketuhanan) Dalam Alquran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(3), 102–118.

Ghazali. (2004). Agama dan keberagaman dalam Konteks Perbandingan Agama. Bandung: Pustaka Pelajar.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Madjid, N. (1993). Islam Kerakyatan dan Keindonesiaan Pemikiran Nurcholish Muda. Bandung: Mizan.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Ningsih. (2022). Membangun Pendidik Berkarakter Profetik Melalui Konsep Mujahid, Muaddib, Muwahhid, Mujaddid di Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah Surabaya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 764–775.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Shihab. (2008). Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an). Tangerang: Penerbit Lentera Hati.

Sibawaihi. (2004). Eskatologi al-Ghazali dan Fazalur Rahman, Studi Komparatif Epistemologi Klasik Kontemporer. Yogyakarta: Islamika.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.928

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: