MEMBANGUN SKILL KERJASAMA TIM PADA MAHASISWA DALAM MANAJEMEN KELOMPOK DEMI PENINGKATAN EFEKTIFITAS TIM MENCAPAI TUJUAN

Didi Sartika, Ayu Rahma Nengsi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk membangun skill kerjasama tim dalam diri mahasiswa, demi peningkatan efektifitas tim dalam menyelesaikan tugas yang diembankan pada mereka dalam perkuliahan, sehingga lebih efektif dalam mencapai tujuan tim. Tujuan akhir dari penelitian ini sebenarnya membantu para mahasiswa calon tenaga kerja baru, sebagai bekal masa depan ketika terjun dalam lingkungan kerja nyata. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa dengan basis profil lulusan pendidik dan dunia perbankan. Peserta yang hadir sebanyak 25 orang yang terdiri atas laki-laki dan perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan cara membangun skill kerjasama tim dari peserta dengan memberikan pelatihan secara intensif sebanyak 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang terbilang baik terhadap kinerja tim dalam mencapai tujuan yang diharapkan oleh tim. Secara lebih spesifik terlihat adanya progress lebih maju dari setiap peserta dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja sama menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka dalam sebuah tim. Terlihat adanya kemajuan dalam hal manajemen analisis misi, proses aksi penyelesaian tugas dan pengaturan prioritas dan tujuan yang hendak dicapai. Kemajuan juga nampak pada kemampuan masing-masing individu dalam tim secara bersama-sama merumuskan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh tim secara sistematis dan terukur, sehingga secara langsung meningkatkan kinerja tim demi efektifitas tujuan yang ditetapkan. Dalam beberapa pengamatan juga terlihat adanya konflik antar anggota, namun konflik yang terjadi dapat mereka atasi secara mufakat, sehingga tidak mengganggu kinerja tim.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aritzeta, A., Swailes, S., & Senior, B. (2007). Belbin's team role model: Development, validity and applications for team building. Journal of Management Studies, 44(1), 96-118.

Driskell,E.James, Salas, Eduardo, Driskell, tripp. 2018. American Psychological Association. DOI: https://dx.doi.org/10.1037/amp0000241

Ellis, A. P., Bell, B. S., Ployhart, R. E., Hollenbeck, J. R., & Ilgen, D. R. (2005). An evaluation of generic teamwork skills training with action teams: Effects on cognitive and skill? based outcomes. Personnel Psychology, 58, 641-672.

Leary, M. R. (2010). Affiliation, acceptance, and belonging. In S. T. Fiske, D. T. Gilbert & G. Lindzey (Eds.), Handbook of social psychology (5th Ed., Vol. 2, pp. 864–897). NY: Wiley

Mathieu, J. E., Hollenbeck, J. R., van Knippenberg, D., & Ilgen, D. R. (2017). A century of work teams in the Journal of Applied Psychology. Journal of Applied Psychology, 102, 452-467.

Marks, M. A., Mathieu, J. E., & Zaccaro, S. J. (2001). A temporally based framework and taxonomy of team processes. Academy of Management Review, 26, 356-376

Mesmer-Magnus, J. R., & DeChurch, L. A. (2009). Information sharing and team performance: A metaanalysis. Journal of Applied Psychology, 94, 535-546.

Morgeson, F. P., Reider, M. H., & Campion, M. A. (2005). Selecting individuals in team settings: The importance of social skills, personality characteristics, and teamwork knowledge. Personnel Psychology, 58(3), 583-611

Mount, M. K., Barrick, M. R., & Stewart, G. L. (1998). Five-factor model of personality and performance in jobs involving interpersonal interactions. Human Performance, 11, 145-165.

Mullen, B., Symons, C., Hu, L., & Salas, E. (1989). Group size, leadership behavior, and subordinate satisfaction. Journal of General Psychology, 116, 155-170

Newcomb, T. M. (1950). Role behaviors in the study of individual personality and of groups. Journal of Personality, 18(3), 273-289

Nowak, M. A. (2006). Five rules for the evolution of cooperation. Science, 314, 1560-1563. Old, B. S. (1946). On the mathematics of committees, boards, and panels. Scientific Monthly, 63, 75–78.

Porter, C. O. L. H., Hollenbeck, J. R., Ilgen, D. R., Ellis, A. P., West, B. J., & Moon, H. (2003). Backing up behaviors in teams: The role of personality and legitimacy of need. Journal of Applied Psychology, 88(3), 391-403

Rand, D. G., & Nowak, M. A. (2013). Human cooperation. Trends in Cognitive Sciences, 17(8), 413-425

Rapp, T. L., Bachrach, D. G., Rapp, A. A., & Mullins, R. (2014). The role of team goal monitoring in the curvilinear relationship between team efficacy and team performance. Journal of Applied Psychology, 99, 976-987.

Suwarno, S. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 62–72. http://www.jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/45




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.927

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: