IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN WONOREJO II
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: (1) Rencana penilaian hasil pembelajaran, (2) Penerapan penilian hasil pembelajaran, dan (3) Laporan evaluasi hasil belajar siswa di SDN Wonorejo II di Dusun Soso’an, Desa Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan rencana penilaian hasil belajar siswa pada semester genap dari Tema 5 sampai Tema 9 yang terintegrasi tidak terlaksana, karena guru tidak menyiapkan RPP; (2) Penerapan penilaian hasil belajar belum sepenuhnya selesai karena guru mengalami kesulitan pada saat pelaksanaan dan guru fokus pada materi dengan penilaian kinerja. Penerapan penilaian oleh guru semester Genap terdiri dari Tema 5 - Tema 9 tidak sepenuhnya sesuai dengan tahapan penilaian kinerja. Hal ini tercermin karena guru tidak menjelaskan tentang rubrik penilaian kepada siwa dan dalam penilaian hasil belajar siswa, guru hanya mengingat tentang rubrik penilaian sehingga tidak optimal dalam memberikan penilaian; (3) Pelaporan penilaian kinerja guru sudah baik, hal itu tercermin dalam pelaporan evaluasi hasil belajar, guru memberikan penilaian di dalam raport berupa numerik, nilai dan uraian yang bermakna.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3353
Subagia, I Wayan. Wiratma, I. G. L. (2007). Penilaian Kompetensi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Bekerja di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45, 231–240.
Subagia, I. W. (2013). Implementasi Pendekatan Ilmiah Dalam Kurikulum 2013 Untuk Mewujudnyatakan Tujuan Pendidikan Nasional. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 16–29. ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/download
Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119
Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2020). EVALUASI PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 51–61. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/5385
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.911
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: