EFEKTIVITAS PELAYANAN SIM ONLINE PADA MASA PANDEMI DI SURABAYA

Fierda Nurany, Defanni Nur Aulia, Anisa Umiyana Khorida, Poppy Abellya Zalzabilla, Sitti Annisa Iskandar, Fauziah Noviyanti

Abstrak


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas pelayanan sim online di Kota Surabaya pada masa pandemi. Masih banyak sekali pengguna angutan jalan dalam mengendarai kendaraan pribadi masih belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) dimana hal tersebut dilarang, karena ketentuan pengendara harus sudah melalui tes pembuatan sim, agar setiap tata cara berkendara sudah menguasai secara betul, dan meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui (1) wawancara yaitu Satpas Colombo Surabaya yang melayani kepengurusan SIM Online dan masyarakat yang mengurus SIM Online, (2) observasi (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIM online adalah sistem teknologi informasi yang mengintegrasikan dan membantu proses penerbitan SIM Baru dan perpanjangan SIM yang terkoneksi ke Pusat Data SIM Korlantas Polri. SIM online sendiri dibuat untuk warga Surabaya. Dengan adanya sim online dapat mempermudah masyarakat dalam pembuatan memakan waktu hanya 5 menit saja, dan bisa juga diakses dirumah aplikasi tersebut dapat di unduh di Aplikasi Store atau di Google Play Store. Untuk tata cara penggunaan, pada aplikasi tersebut sudah disediakan panduan dalam penggunaannya. Bagi masyarakat yang kurang jelas terkait dengan informasi yang diberikan oleh pihak Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Colombo Surabaya tentang mekanisme SIM Online, maka masyarakat tidak segan untuk menanyakan langsung kepada petugas Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Colombo Surabaya serta langsung menanggapi di kotak kolom komentar yang berada di Google play store

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajeng Dwi Apsari. (2019). Efektivitas Pelayanan Publik Satuan Penyelenggara Administrasi Sim Dalam Pelayanan Sim Online Di Kota Tarakan. Eprints.Umm.Ac.Id, 1, 105–112. https://eprints.umm.ac.id/60147/

Ardiyanti, A., & Triputro, R. W. (2022). Analisa Kualitas Pelayanan Publik: Studi Terhadap Pelayanan Surat Ijin Mengemudi Di Polres Bantul Tahun 2021. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK), 3(2), LAYOUTING. https://doi.org/10.18196/jpk.v3i2.14466

Cahyani, L. I., Fiiki Nurrohman, M., Setiowati, M. I., Taufiq, R. I., & Mukti, A. (2021). Transformasi Manajemen Kepolisian Melalui Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Sim Nasional Presisi (Sinar). Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 5(2). http://jom.untidar.ac.id/index.php/jman/article/view/1982

Creswell, J. W. (2003). Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.3109/08941939.2012.723954

Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayanan Publik, Inkludif, dan Kolaborasi. UGM Press, 300. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=rrtjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pelayanan+publik+efektif&ots=CtCMyuo8Tm&sig=mI__DIE14yRwJrHllbuARsJYtDg

Fadhillah, F. P., & Suparman, N. (2021). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan SIM di Era Covid-19 pada Polrestabes Bandung Tahun 2020. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 9(2), 25–32. https://doi.org/10.31289/publika.v9i2.5836

Fatimah, S. (2017). Efektivitas Sistem Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Secara Online di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Colombo Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(1). https://doi.org/10.30996/jpap.v3i1.1228

Gunistyo, Waskito, J., Fajri, A., & Prihadi, D. (2021). Indeks Kualitas Pelayanan pada Pelayanan Penerbitan SIM di POLRES Brebes. Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 23(1), 16–29. http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3041

Jaladriyanta, S. (2020). Polri Menuju Smart Police. Jurnal Ilmu Kepolisian. http://jurnalptik.id/index.php/JIK/article/view/254%0Ahttp://jurnalptik.id/index.php/JIK/article/download/254/87

Juwita*, A. (2020). Optimalisasi Sim Online Sebagai Strategi untuk Mewujudkan Pelayanan Prima pada Kantor Satpas Jember. Airlangga Development Journal, 2(2), 84. https://doi.org/10.20473/adj.v2i2.18072

Larassaty, A. L. (2020). Analisis Efektifitas PSBB Terhadap Perubahan Budaya Masyarakat di Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 1. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.959

Mandacan, A., & Merina, B. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Satlantas Polres Sleman. Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, Dan Administrasi Publik, 5(2), 419–427. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/Jurnal_Enersia_Publika/article/view/953

Marpaung, K. E. O. (2021). Optimalisasi Surat Izin Mengemudi Online Guna Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Prima. Indonesian Journal of Police …. https://journal.akademikepolisian.com/index.php/ijps/article/view/162

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A method sourcebook. CA, US: Sage Publications.

Pelupessy, V., Hafidz, M., & Djanggih, H. (2021). Efektivitas Penerapan Sanksi Selama Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pada Penanggulangan COVID-19. Toddopuli Law Review, 1(1), 44–57. https://jurnal.ahmar.id/index.php/toddopuli/article/view/434

Perdana, R. C. (2016). Pelayanan Prima Di Polisi Resort Kota Besar (POLRESTABES) SAMSAT COLOMBO Kota Surabaya (StudiTentang Program Pelayanan SIM Online). Publika. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/18202

Ponangsera, I. S., Khoirudin Apriyadi, R., Hartono, D., & Wilopo, W. (2021). Identifikasi Karakteristik Covid-19 Terhadap Persepsi Jumlah Kasus Positif, Sembuh dan Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 277–283. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.277-283

Ratnawati, S. (2009). Model Pengembangan Sistem Pelayanan Dengan Menggunakan Citizen’S Charter Untuk Meningkatkan Pelayanan Yang Berbasis Masyarakat. Cakrawala. https://doi.org/10.32781/cakrawala.v4i1.113

Sarmini, A. (2019). Kualitas Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pada Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Karimun. Soumatera Law Review, 2(2), 246. https://doi.org/10.22216/soumlaw.v2i2.4231

Sharon, H. (2017). Efektivitas Komunikasi Humas dalam Sosialisasi Program SIM Online oleh Satlantas Polrestabes Surabaya. Efektivitas Komunikasi Humas Dalam Sosialisasi Program SIM Online Oleh Satlantas Polrestabes Surabaya, 5(1), 5. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6152/5649

Wakhyuni, T., Syakdiah, S., & Kusumawati, R. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Sim) Online Di Polres Sleman. Populika, 8(1), 14–24. https://doi.org/10.37631/populika.v8i1.132




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.905

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: