PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN 1 SIMPANG TIGA
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMAN 1 Simpang Tiga”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Simpang Tiga dengan menggunakan metode question studen have. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan jenis penelitian merupakan Penitian Quasi experimental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Dari hasil penelitian ini penggunaan metode pembelajaran questions students have dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMAN 1 Simpang tiga. Hal ini dapat dilihat dari kelas eksperimen yang memperoleh jumlah positif seabanyak 81,6% lebih besar dari pada kelas kontrol yang hanya mendapatkan jumlah positif hanya 45%, dan dilihat dari uji data tes yaitu uji normalitsa, uji homogenitas dan uji hipotesis juga menunjukkan bahwa pengaruh penerapan metode pembelajaran Question Student Have sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran question student have, Quasi experimental
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, S. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Kelas. Seminar Pendidikan Nasional : IKAHA Jombang
Akhlanudin, Uhamka. 2016. Pelajaran Sejarah Di Sekolah. Website: Gema Uhamka
A. M, Sadirman. 1998. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Baharudin, dkk. 2010. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Chatib, Munif . 2012. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple
Intellingences di Indonesia. Cetakan XV. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka
Chairunisa, E. D. 2018. Jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah. Kalpataru, 4(1), 17-28.
Dewi, Inayati. 2018. Penerapan Metode Questions Student Have Untuk
Meningkatkan Prestasi Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Dan Umrah Pada Siswa Kelas VIIIB MTs Nurul Huda Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dyah, D. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have
Terhadap Hasil Belajar Ips Sejarah Siswa. Unnes Journal of Public
Health, 1(1).
Hisyam. Zaini. 2008. Stretegi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Ika, Ari, Sudarti. 2015. Efektivitas Penggunaan Metode Question Student Have (QSH) Dan Media Kartu Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas
Intan, Dwi, Permata Sari, 2015. Pengaruh Metode Questions Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Ngimbang.
Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung : Alfabeta
Iskandandar, Wassid & Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Itjen, Kemendikbud. 2018. Mecari Tahu Mengapa Pelajaran Sejarah Kurang Diminati. Jakarta: Kemendikbud.
Margono, S. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Muzdalifah, Ahmad, 2012. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Aktif Questions Student Have Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polman.
Neli, Yanti, Murni 2011. Penerapan metode Question Student Have Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Memahami Materi Cerita
Kisah Nabi Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Pagarayung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.
Nuke, Iswandari. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) Pada Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan Siswa SMK NEGERI 1 Sewon.
Petrik Matanasi. 2016. Mengapa Pelajaran Sejarah Tak Disukai.Tirto.id
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: Srikandi
Sari, I., & SUPRIJONO, A. 2015. Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I
Ngimbang. Jurnal Mahasiswa Teknologi3(2), 2–7.
Santi Gasaeng, & Nuraedah. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran
Questions Student Have Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah
di SMA Labschool UNTAD Palu.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif.
Bandung: Alfabeta
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139–148
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.674
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: