PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Birem Bayeun melalui penerapan metode field trip. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Birem Bayeun dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan me mbandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indicator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 60% sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 70%. (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Hal ini ditandai dengan nilai hasil tulisan siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai terendah siswa 45 dan nilai tertinggi siswa adalah 74 sedangkan pada siklus II nilai terendah siswa 50 dan nilai tertinggi siswa adalah 80, (3) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Dalam pretes hanya 10 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar (memperoleh nilai 65 ke atas). Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 38,09% atau 16 siswa dan pada siklus II menjadi 75,6% atau 31 siswa.
Kata kunci: menulis deskripsi, field trip, penelitian tindakan kelas (PTK)
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsini dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
Marahimin, Ismail. 1999. Menulis Secara Populer. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Roestriyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Semi, M. Atar. 1993. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Sutiamiharja, Agus. dkk. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Dirjen Dikti Dekdikbud.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i1.629
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: