PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARPHONE ANDROID REALME PADA RIZKY PONSEL DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merek (Brand Image) terhadap keputusan pembelian Smartphone Android Realme pada Toko Rizky Ponsel di Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Sampel dalam penelitian ini 100 orang responden, data dikumpulkan dengan pengajuan kuesioner, analisis data menggunakan rumus regresi linier berganda.
Hasil penelitian diperolah persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2.776 + 0.686X1 + 0.729X2. Koefisien korelasi (R) sebesar 75,8% dapat memberikan pengertian ada hubungan antara faktor iklan (X1), dan faktor citra merek (brand image) (X2), dengan keputusan pembelian (Y). Semakin tingginya nilai yang diperoleh maka semakin erat pula hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, artinya semakin erat pula hubungan antara iklan dan citra merek (brand image) memiliki hubungan yang erat dengan keputusan pembelian sebesar 75,8%. Untuk nilai koefisien diterminasi adalah sebesar 62,5% dapat memberikan pengertian ada pengaruh yang signifikan antara variabel iklan dan citra merek (brand image) dengan keputusan pembelian. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa semakin baiknya dilaksanakan dan ditingkatkan iklan dan baiknya dilakukan citra merek (brand image) maka semakin berpengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Pengaruh iklan dan citra merek (brand image) sebesar 62,5% berpengaruh secara siginifikan (sig. 0,000) terhadap keputusan pembelian, sedangkan selebihnya 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dugaan persamaan ini. Uji T diperoleh nilai T-hitung > T-tabel. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel iklan dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian, dengan demikian menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, karena diperoleh T-hitung lebih besar dari T-tabel. Uji F diperoleh F-hitung sebesar 40.608 dan F-tabel pada tingkat kepercayaan 05% diperoleh sebesar 2.31 (tabel F). Berdasarkan hasil uji F tersebut maka keputusan penelitian ini diperoleh F-hitung lebih besar dari F-tabel. Dengan demikian secara simultan, hasil penelitian ini dapat diambil keputusan dengan menerima hipotesis Ha dan Menolak hipotsis Ho. Artinya ada pengaruh iklan dan citra merek (brand image) berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Iklan, Citra Merek (Brand Image) dan Keputusan PembelianTeks Lengkap:
PDFReferensi
Alexander, L, Biel, Prancisco (2013). Marketing Management, Jakarta: Erlangga.
Amstrong Pemasaran Modern, Jakarta: Rineka Cipta
Darmawan, Pengendalian Pemasaran. Jakarta: Gramedia Grafika.
Ferrina (2008). Manajemen suatu Pengantar, Jakarta: Pustaka Nasional.
Ghozali (2011). Analisa Kuantitatif, Jakarta: Erlangga.
Haryana (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Andi Offset.
Ian Antonius. (2016). Analisa pengaruh strategi diferensiasi, citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pelnggan di Cincau Station Surabaya. Skripsi: STIE Bina Bangsa.
Inayah Fitri. (2017). Pengaruh Iklan dan Citra merek terhadap keputusan pembelian ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam (Studi pada pengguna sepeda motor Honda Beat di Kelurahan Mulya Sari Kabupaten Tulang Bawang Barat). Semarang: Skripsi FE, Universitas Semarang.
Kriyantono (2014). Pengendalian pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Nembah, Ginting. (2011). Pemasaran Jasa, Jakarta: Erlangga.
Peter. Ricardo, (2010). Pengendlaian Manajemen, Jakarta: Erlangga.
Schiffman, (2012). Manajemen Pemasaran Modern, Jakarta: Erlangga.
Setiadi, Maimun (2013). Manajemen Distribusi, Jakarta: Jakarta: Erlangga.
Setyaningsih, (2014). Pengembangan Usaha Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta.
Stanton, J.F (2011). Marketing. Jakarta: Gramedia Grafika.
----------, (2012). Marketing. Jakarta: Edisi kedua, Gramedia Grafika.
Sudjana (2011). Dasar-dasar Statistika, Erlangga, Jakarta.
Sugiyono (2010). Metode Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunyoto, (2012). Pengantar Bisnis,Jakarta: Gramedia Grafika.
Suparman. (2013). Pengaruh citra merek, citra perusahaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). Skripsi: FE. UIM.
Supranto (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, untuk menaikkan pangsa pasar, Jakarta, Rineka Cipta.
Sutojo, Siswanto (2011). Peranan Penting Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pustaka Nasional.
Suyatno (2012). Perilaku Konsumen, Jakarta: Rineka Cipta.
Schiffman (2012). Strategi Bisnis Pemasaran, Yogyakarta, Andi Ofset.
Thamrin, (2010). Pengendalian Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, (2011). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v3i2.462
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
ISSN : p - 2615-3688 & e - 2716-0270
Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: