PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 DELIMA

Junaidi Junaidi, Taufiq Taufiq

Abstrak


Penelitian ini tentang penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Delima. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Delima yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah 110 siswa yang terdiri atas 36 laki-laki dan 74 perempuan. Sampel untuk penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal dan tes akhir, dan pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan uji terhadap hipotesis penelitian bahwa nilai Uji-t diperoleh thitung = 3,52 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model konvensional.

Kata Kunci: Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kritis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto dan Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Purnamasari (2019). Perbandingan Pembelajaran Dengan Strategi Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Trigonometri di Kelas X Sman 1 Dukupuntang. Jurnal SJRME: Vol. 1 (1).

Rochaminah, S (2008). Pengaruh Pembelajaran Penemuan terhadap Kemampuan Berfikir Kristis Matematis. Desertasi pada PPs UPI tidak dipublikasikan.

Sadikin, Fahinu dan Ruslan (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Self Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika: Vol. 1 (2). http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPBM/article/view/8146/pdf.

Setiawan. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika.

Slavin. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono (2009). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumarmo. (2011). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(17): 17-22.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wena. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Wicaksono, Sagita, dan Nugroho (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Aksioma, Vol. 8 (2). e-ISSN 2579-7646.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i1.449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: