ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CAHAYA SWALAYAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Nyak Umar, Teuku Isnaini, Nurul Husna

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cahaya Swalayan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya”.Dimana variabel independen yaitu Kualitas Produk(X1) dan Kualitas Pelayanan (X2)dan Loyalitas Pelanggan (Y) sebagai variabel dependennya.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli padaCahaya Swalayan Meureudu Kabupaten Pidie Jayayang mana jumlahnya 100 Konsumen. Seluruh populasi dalam penelitian ini diambil sebagai Sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh responden.Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi berganda Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi.3.            Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0,495, Berdasarkan data responden dari ketiga indikator pertanyaan yang diajukan, dapat dilihat bahwa responden lebih dominan memberi tanggapan setuju. Berdasarkan Tabel dapat kita melihat bahwa nilai Cronbach Alpha  untuk independent variable yaitu variabel Kualitas produk (X1) sebesar 0.881 atau 88,1%, kualitas layanan (X2) sebesar 0.879 atau 87,9 dan untuk dependent variable yaitu Loyalitas pelanggan (Y) memiliki nilai cronbach alpha sebesar 0.882 atau 88,2%.

Kata kunci :Kualitas Produk, Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aritonang, Irianton. 2013. Memantau dan Menilai Status Gizi Anak. Yogyakarta: Leutika Books.

Augusty Ferdinand, 2011, Metode Penelitian Manajemen, Badan.Penerbit.Universitas Diponegoro Semarang.

Bob Sabran, 2012, Manajemen Pemasaran, penerbit erlangga.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi

, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi Offset.

Garvin, David A.2016. alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi. Pemasaran.Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.

Gilbert A, 2013, Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Jakarta, Penerbit: Erlangga.

Griffin. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hidayat, 2013.Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang)”, Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kartajaya, Hermawan. 2013. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.

Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilit 1, Edisi. Ketiga belas.Jakarta : Erlangga.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip.2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan,. Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Erlangga.

.2013. Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, (2012), Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Parasurama. 2009. Influence of Suctomer Satisfaction on Servicde Quality and Trust Relationship in Malaysian Rural Tourism. Business and Management Quarterly Review, 4(2), 12-25, 2013.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Stanton (2011.Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke tujuh, Jakarta: Erlangga jilid ke-1.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif. Berbasis TIK.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Supomo (2010.Analisis Pengaruh Loyaliats Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Tesis (tidak dipublikasikan). Semarang: BPFE Undip.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler.2012. Services Marketing:Integrating Customer Focus Across the Firm6thed.Mc.Graw-Hill. Boston.




DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v4i1.442

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



ISSN : p2615-3688 & e2716-0270

Jurnal Sosial Humaniora Sigli indexed by: